• Peringatan Hakteknas Dipusatkan Di Solo

    0

        Solo, jurnalsumatra.com – Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional dipusatkan di Kota Solo dan bersamaan acara tersebut juga akan dilakukan pengujian pesawat terbang N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (DI)
    Ribuan ilmuwan berkumpul dan ratusan produk inovasi nasional akan dipamerkan dalam kegiatan tersebut, kata  Direktur Sistem Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) sekaligus Ketua Pelaksana Hakteknas,   Ophirtus Sumule di Solo, Jumat.
    Rangkaian kegiatan akan digelar 7-13 Agustus mendatang. “Ya untuk kegiatan akan kita mulai dengan jalan sehat di ‘Car Free Day’ (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (7/8),” katanya.
    Dalam kegiatan tersebut juga akan dipamerkan 36 robot hasil karya perguruan tinggi dan komunitas, 30 alat peraga ilmu pengetahuan serta demo sains. Selain itu demo ular tangga, demo panser dan demo motor atau sepeda listrik.
    Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) akan digelar di Stadion Manahan pada Rabu (10/8) mendatang. Presiden Joko Widodo didampingi jajaran Menteri Kabinet Kerja akan membuka peringatan Hakteknas tersebut.
    Pada kesempatan tersebut, Presiden juga akan menekan simulator pesawat N219 sebagai tanda dimulainya pengujian sayap dan “landing gear” pesawat. “Pengujian sayap pesawat N219 di Bandara Andir, Bandung dan ‘landing gear’ pesawat di Bandara Subang,” katanya.

        Jika nanti dinyatakan lolos uji maka akan dilanjutkan menuju proses sertifikasi untuk uji terbang pertama. Dalam kegiatan ini panitia mengundang 3.000 tamu dari perguruan tinggi dan pengusaha serta 1.500 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.
    “Menristekdikti juga akan menyerahkan penghargaan bagi pemprov, pemkot/pemkab yang berprestasi dalam inovasi nasional,” katanya.
    Ada delapan kategori penghargaan yang akan diberikan. Di antaranya penghargaan Budhipura untuk prestasi pemprov dalam penguatan sistem inovasi kepada pemkot/pemkab dan Budhipraja untuk prestasi pemkot/pemkab yang telah melaksanakan inovasi daerah.
    Pandega Widyatama untuk prestasi kementerian dan lembaga dalam pemanfaatan hasil riset dan pengembangan nasional, Prayoga Sala diberikan bagi unit kerja pranata penelitian, Widyapadhi bagi perguruan tinggi, Abyudaya untuk sektor industri berperan aktif dalam pemanfaatan dan upaya produksi riset iptek.
    Selain itu penghargaan Adibrata untuk masyarakat ilmiah termasuk peneliti dan perekayasa dalam melaksanakan inovasi, penghargaan Labdha Kretya bagi prestasi masyarakat akar rumput yang inovatif dan kreatif.
    Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta Rahmat Sutomo mengatakan, ada 200 stan produk inovatif nasional yang akan dipamerkan dalam pameran teknologi di Stadion Manahan pada 10-13 Agustus mendatang.
    Produk inovasi yang akan dipamerkan di antaranya produk pangan seperti padi Gogo LIPI dan padi Sidenuk Batan. Kemudian produk pertahanan dan keamanan berupa pameran alat utama sistem pertahanan negara (alutsista), produk kesehatan dan obat, produk transportasi, produk energi dan teknologi informasi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com