• Pendataan KIA Dilakukan September Mendatang

    0

    kartu-identitas-anak-PALEMBANG, jurnalsumatra.com –  Sesuai dengan Permendagri Nomor 02 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), setiap anak di masng-masing wilayah Kota dan Kabupaten di Indonesia, akan memiliki kartu identittas menyerupai Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

    Untuk Kota Palembang sendiri, progres pelaksanaan program Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang akan mulai dilaksanakan pada Januari 2017 tersebut, ungkap Kepala Dinas Kependdukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, masih menunggu hasil cakupan akta kelahiran.

    “Saat ini kita masih melaksanakan pendataan serta cakupan akta kelahiran yang ditargetkan akan selesai bulan September 2016 ini,” terangnya, Jumat  (22/7).

    Ali  menjelaskan, pendataan cakupan akta kelahiran yang sedang dilaksanakan untuk usia 0-18 tahun, diharuskan selesai pada September 2018. Pasalnya, Kemendagri memberikan target, pada Januari 2017, seluruh anak di Indonesia sudah memiliki KIA.

    “Kita menargetkan pada awal Agustus, sudah 77,5%, sesuai angka penyanding wajib sekitar 510.000,”ujarnya.

    Untuk saat ini, posisi target sampai sekarang 61,8% atau 305.000. Artinya, untuk melakukan pengentrian masih kurang lebih kurang 180.000 cakupan akta kelahiran. “Kami menargetkan, 2017 bisa selesai, sesuai sesuai pelaksanaan nasional,” imbuhnya.

    Ali mengatakan, nantinya, KIA bagi anak usia 0-17 tahun akan diberikan sebagaii identitas sang anak. Namun, untuk mekanismenya, pihaknya masih menunggu, apakah melakukan perekaman seperti KTP-el atau hanya identitas biasa.

    “Kita masih menunggu petunjuk pusat mengenai proses pencetakan dan pendataan secara pribadi seperti yang dilakukan pada KTP-el. Namun, untuk masa berlaku KIA, sampai anak tersebut wajib KTP-el,”tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com