• Pemkab Mimika Mulai Buka Jalan Banti-Aroanop

    0

         Timika, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mulai tahun ini membuka akses jalan yang menghubungkan Kampung Banti dengan Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura.
    Bupati Mimika Eltinus Omaleng di  Timika, Sabtu mengatakan Pemkab Mimika mengalokasikan anggaran Rp70 miliar untuk membangun akses jalan Bantu-Aroanop.
    Anggaran tersebut, katanya, tidak cukup untuk menuntaskan pekerjaan jalan tersebut lantaran melalui medan yang sangat berat yaitu gunung-gunung yang terjal, tebing dan ngarai.
    “Sekalipun medannya sangat berat, tapi Pemda Mimika harus buka jalan Banti-Aroanop untuk membantu masyarakat. Selama ini masyarakat di Aroanop tidak bisa kemana-mana karena tidak ada akses jalan. Semuanya harus menggunakan helikopter,” kata Omaleng.
    Bupati Omaleng menyampaikan apresiasi kepada Marga Omabak dan kepala suku Kampung Opitawak yang telah memberikan restu kepada pemerintah untuk membuka akses jalan tersebut.
    Pada 2017, katanya, Pemkab Mimika juga akan membuka akses jalan dari Timika menuju Kampung Aroanop. Dengan demikian nantinya jalan Banti-Aroanop akan tembus hingga ke Timika.

         “Tahun depan kami akan anggarkan dana pembangunan jalan Timika-Aroanop karena sudah masuk perencanaan. Kita akan anggarkan itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Omaleng.
    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Mimika Robert Mayaut mengatakan pembangunan jalan Banti-Aroanop hingga nantinya tembus ke Timika semata-mata untuk menjawab harapan dan kebutuhan masyarakat.
    Robert meminta dukungan penuh dari masyarakat setempat agar pekerjaan jalan tersebut lancar serta tidak mendapat hambatan.
    “Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Mari kita bicara, jangan langsung angkat panah. Kami tidak akan mengabaikan hak masyarakat,” kata Robert kepada masyarakat Kampung Opitawak.
    Kepala Suku Opitawak Yunus Omabak mengatakan masyarakat Suku Amungme tidak pernah menjual tanah. Ia berharap Pemkab Mimika menghargai kepentingan masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com