• PEMKAB Kerahkan Tim Pengamanan Ke Objek Wisata

    0

    Painan, Sumbar, jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengerahkan tim pengamanan bencana ke sejumlah objek wisata pada Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.
    “Pengerahan tim kita utamakan ke objek wisata yang diprediksi ramai pengunjung dan rawan bencana alam, sehingga jika terjadi bencana tim dapat bergerak lebih cepat memberikan bantuan, ” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan Pri Nurdin di Painan, Senin.
    Selain berjaga jaga dalam mengantisipasi berbagai bahaya dari bencana alam, pengerahan tim pengamanan bencana merupakan salah satu bentuk pelayanan prima oleh pemkab setempat kepada pengunjung objek wisata di kabupaten itu.
    Objek wisata yang menjadi prioritas untuk pengerahan tim pengamanan bencana di daerah itu seperti Pantai Carocok Painan Kecamatan IV Jurai, Jembatan Akar (IV Nagari Bayang Utara), Kawasan Wisata Laut Mandeh dan Pantai Pasir Putih Kambang (Lengayang).
    Objek wisata tersebut diprediksi bakal ramai pengunjung karena pada hari-hari libur akhir pekan semua objek wisata itu terus ramai. Tingkat kerawanan bencana di objek wisata itu juga cukup tinggi.
    Katanya, selain Satpol PP, pemkab juga menyiagakan seluruh Tim Search And Rescue (SAR) dan personil kepolisian di objek wisata tersebut pada Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.
    “Jumlah personil yang ditempatkan di masing-masing objek wisata, nantinya akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan dan volume kunjungan, ” katanya.
    Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Gunawan mengatakan, volume pengunjung objek wisata di kabupaten itu diprediksi melambung hingga 200 persen dibanding hari-hari libur biasa.
    Dari sebanyak 20 objek wisata yang ada di kabupaten itu, yang paling ramai pengunjung baik lokal maupun tingkat nasional seperti lebaran Idul Fitri sebelumnya yakni Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Pantai Batu Kalang Tarusan dan Kawasan Wisata Laut Mandeh.
    Semua objek wisata itu memiliki keindahan yang luar biasa yakni lautnya dangkal, air jernih dan pantainya landai sehingga bagus bagi wisatawan untuk mandi-mandi dan bermain.
    Sedangkan objek wisata Jembatan Akar juga memiliki keindahan dan unik karena jembatan yang terbuat dari akar kayu besar itu memiliki batu-batu besar dengan air yang jernih dan arus sungai yang deras.
    Sementara Pasir Putih Kambang, terletak di pinggir jalan lintas barat Sumatera atau sekitar 45 kilometer dari Kota Painan arah selatan memiliki pantai yang landai dan pasirnya putih.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com