• Pemkab Biak Gagas Sail Cenderawasih

    0

        Biak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua sedang menggagas program Sail Cenderawasih dalam rangka menggairahkan sektor pariwisata dan perikanan yang potensial dimiliki wilayah setempat.
    “Melalui Sail Cenderawasih diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Teluk Cemderawasih meliputi Kabupaten Supiori, Yapen Kepulauan, Waropen dan Kabupaten Nabire,” ucap Bupati Biak Thomas Ondy saat menutup Festval Biak Munara Wampasi, Senin malam.
    Ia mengakui, untuk mewujudkan program Sail Cenderawasih pihak Pemkab Biak Numfor akan mengajak para Bupati di Kawasan Teluk Cenderawasih.
    Rencana program Sail Cenderawasih, lanjut Bupati Thomas, sudah disampaikan melalui Kementerian Pariwisata yang hadir pada pembukaa festival Biak Munara Wampasi 2016.
    “Saya berharap dukungan semua elemen masyarakat untuk mendorong program Sail Cenderawasih dapat terwujud pada 2017/2018 sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten se Kawasan teluk Cenderawasih,” ungtkap Bupati Thomas Ondy.

        Potensi pariwisata di kawasan teluk Cenderawasih, menurut Bupati Thomas, sangat alami dan memiliki kekhasan khusus sehingga perlu direkayasa dengan program unggulan pariwisata terpadu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    Sebelumnya, CEO WWF Indonesia Benja Mambai mengakui, ekspedisi Bintang Korano yang dilakukan WWF merupakan embrio pelaksanaan Sail Cenderawasih.
    “Potensi alam laut, budaya dan hutan di kawasan Teluk Cenderawasih sangat potensial sehingga perlu dibuat program berkelanjutan pengelolaan lingkungan,” katanya.
    Ia berharap, pemkab Biak Numfor dapat mengandeng WWF untuk menjadi patner kerja dalam upaya mewujudkan program Sail Cenderawasih.
    Pelaksnaaan festival Biak Munara Wampasi dengan berbagai atraksi snap mor (menangkap ikan tradisional di air surut), apen byaren (berjalan di atas batu api panas), lomba perahu tradisional mansusu dan wairon, parade nusantara, tari wor, pameran handikracf, toru Padaido.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com