• Pemkab Bangkalan Minta Pusat Bagi Hasil Migas

    0

        Bangkalan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur meminta Pemerintah Pusat membagikan dana hasil minyak bumi dan gas yang ada di wilayah itu, untuk kepentingan pembangunan Kabupaten Bangkalan.
    “Meski di Bangkalan ini ada pengelolaan migas, akan tetapi selama ini pemkab tidak pernah menikmati dana hasil migas,” kata Wakil Bupati Bangkalan Mundir Rofii, di Bangkalan, Jumat.
    Ia menjelaskan, minyak bumi dan gas yang ada di Bangkalan dikelola oleh Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO). Lokasinya di Kecamatan Sepuluh.
    Hanya saja, Mundir mengaku, pemkab tidak mengetahui secara detail kandungan kekayaan migas tersebut.
    Selama ini, katanya, pemkab memang sudah berusaha untuk mengetahui secara detail melalui data yang dimiliki oleh pihak pengelola di tingkat pusat.
    Namun, para pihak, baik pihak pertamina ataupun pemerintah pusat sangat tertutup, dan tidak bersedia memberikan data hasil produksi yang sebenarnya.

        “Tapi kami yakin kandungan gas yang ada di Bangkalan ini tidak sedikit,” ucapnya.
    Memang, sambung dia, masyarakat Bangkalan selama ini telah diberi bagian melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau “CSR”.
    Hanya saja, sambung dia, hal itu tidak cukup, karena CRS hanya merupakan bentuk respon kepedulian sosial, dan tidak memberikan masukan pada APBD Pemkab Bangkalan.
    “Dan itupun hanya sebagian yang mendapatkan CSR, yakni untuk pendidikan, dan hanya di wilayah utara saja. Jadi belum maksimal,” tegasnya.
    Padahal, sambung Wabup, pembagian hasil migas tersebut sudah jelas diatur dalam UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Di dalamnya dijelaskan, yakni pada Pasal 19 ayat 2.
    “Disitu disebutkan besaran dana bagi hasil yang harus diterima daerah adalah 15 persen, daerah dengan rincian, 3 persen untuk pemprov, 6 persen untuk kabupaten/kota penghasil, serta 6 persen untuk kabupaten yang ada diprovinsi tersebut,” imbuhnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com