• Pemda Diharapkan Terbitkan Perda Bantuan Hukum

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Lembaga Bantuan Hukum Padang mengharapkan seluruh pemerintah daerah di Sumatera Barat menerbitkan peraturan daerah yang berkaitan dengan bantuan hukum, khususnya tentang paralegal.
    “Selain undang-undang, saat ini aturan terkait bantuan hukum baru ada di Padang dan Provinsi Sumbar, kemudian kami mengharapkan seluruh kabupaten/kota dapat menyusul,” kata Direktur LBH Padang Era Purnama Sari di Padang, Selasa.
    Aturan tentang bantuan hukum itu di antaranya adalah Undang-undang No 16 Tahun 2011, Perda Provinsi Sumbar No. 13 Tahun 2014 dan Perda Kota Padang No. 2 Tahun 2015.
    Ia juga mengharapkan pemerintah bisa menfasilitasi pendidikan paralegal yang selama ini dilakukan pihaknya secara swadaya dngan bantuan dari Yayasan Tifa.
    “Sedapatnya nanti akan lahir perda yang lebih progresif dan akan menjadi ‘role model’ untuk lahirnya kebijakan selanjutnya bagi Pemda seluruh Indonesia,” kata dia.

         Ia menambahkan salah satu alasan kenapa pihaknya mengharapkan pemerintah di daerah menerbitkan perda adalah karena jumlah LBH di Sumbar yang terakreditasi hanya lima, sementara Sumbar terdiri dari 19 kabupaten/kota.
    Dari lima LBH yang terakreditasi, katanya, empat lembaga ada di Padang dan satunya di Kota Solok.
    Ia menilai ini penting sebab masih banyak masyarakat di daerah yang masih tidak mengerti hukum, sehingga ketika berhadapan dengan kasus perdata maupun pidana mereka seakan buta terhadap hukum.
    “Paralegal inilah yang akan membantu masyarakat yang tidak paham tentang hukum sehingga mereka bisa memperjuangkan haknya,” katanya.
    Salah seorang paralegal di Kenagarian Tanjuang Nan Ampek Kecamatan Danau Kembar, Nurfatoni (27) mengharapkan program yang diikutinya ini bisa tetap ada karena dampak paralegal terhadap masyarakat sangat nyata.
    “Kami berharap agar pemerintah bisa menganggarkan untuk biaya pendidikan paralegal,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com