• PDAM Palembang Akan Gunakan Air Rawa Konservasi

    0
    PDAM Tirta Musi Dapat Penyertaan Modal Dari Kemenkeu

    PDAM Tirta Musi Dapat Penyertaan Modal Dari Kemenkeu

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – tingginya pelanggan PDAM yang ada sekarang membuat PDAM belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi air bersih, untuk itu pemerintah kota (pemkot) Palembang segera memanfaatkan rawa konservasi yang siap dikelola untuk diproduksi sebagai air bersih.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Kota Palembang, Darma Budhy mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengkajian bersama akademisi baru-baru ini untuk membudidayakan rawa konservasi tersebut.

    “Diantaranya yang dapat dijadikan air konservasi rawa di Tanjung Baranganan kemudian rawa Lubuk Kawah dan masih ada beberapa rawa lagi yang potensial untuk dikonservasi, air konservasi disuplai ke PDAM,”kata Budhy, ditemui saat menghadiri sidang paripurna di DPRD Palembang, Senin (25/7).

    Menurut Budhy, untuk rawa konservasi yakni rawa yang tidak boleh dilakukan penimbunan dengan luas 2.106,13 ha di Kota Palembang. Untuk rawa budidaya dengan luas 2.811,21 ha yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian hingga permukiman tanpa dilakukan penimbunan atau reklamasi. Sedangkan untuk rawa reklamasi boleh ditimbun.

    Sementara untuk rawa yang tidak bisa dikonservasi, pihaknya sudah berinisiatif memakai dua cara, yakni dengan direklamasi atau dibudidayakan. Khusus untuk rawa reklamasi, hanya boleh ditimbun 70 persen. Sementara sisanya harus tetap rawa seluas dari rawa yang semula.

    Selain menyediakan rawa untuk menyuplai air bersih, pihaknya sudah meminta dinas tata kota untuk mengkaji rawa yang direklamasi akan digunakan untuk apa. Sebab pihaknya mengeluarkan rekomendasi penimbunan setelah ada Advis Plannig dari tata kota.

    “Dari sanalah kita lihat struktur tanah guna diperuntukan perumahan, pabrik, dan sebagainya, jangan sampai penimbunan rawan melanggar aturan yang ada,”tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com