• Pasar Direvitalisasi Pedagang Resah

    0
    Pasar Direvitalisasi Pedagang Resah

    Pasar Direvitalisasi Pedagang Resah

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Ratusan pedagang pasar Soak Batu 26 ilir untuk sementara waktu harus berjualan di pingir jalan dengan tempat Yang seadanya, para pedagang ini hanya berjualan diatas lapak yang terbuat dari kayu tanpa adanya atap untuk menutupi trik matahari maupun hujan.

    kondisi ini karena pasar ini akan revitalisasi oleh pemerintah kota Palembang melalui PD Pasar Jaya Palembang dengan menggunakan bantuan dari APBN yang mencapai 10 miliar, pembagunan sendiri ditargetkan akan selesai Desember mendatang.

    Pantauan jurnalsumatra.com, Ahad (31/7) di jalan Soak Batu tampak lapak yang terbuat dari kayu sudah tersedia untuk para pedagang, dengan mudah dapat ditemukan sepajang jalan lapak yang tersedia, dengan lapak ini pedagang masih dapat berjualan meski pasar tradisinal yang lusuh tersebut.

    Meski pasar ini akan menjadi salah satu pasar tradisional modern yang dapat bersaing dengan pasar moderen namun bukan jaminan para pedagang akan mendapatkan kios maupun lapak ketika selesai direvitalisasi nanti. Karena pedagang khawatir harga sewa akan membengkak.

    “kami belum dijanjikan apakah dapat berjualan disini (Soak Batu), karena hingga saat ini belum dijanjikan apakah tarif sewa akan naik atau tidak,”kata Yeni, pedagang sayur.

    Jika terjadi kenaikan tarif sewa tentu akan sangat memberatkan karena pedapatkan pedagang belum tentu cukup untuk membayar sewa pertahun, kalau sekarang ini tarif sewa hanya dikenakan rp 250 ribu pertahun, angka tersebut sangat terjangkau bagi pedagang. “kalau tarif akan dinaikan akan sangat memberatkan, karena pendapatan kami tidak seberapa karena kami pedagang kecil,”kata ibu dua anak ini.

    Selain sewa pihaknya juga dikenakan retribusi perhari yang diokenakan Rp 7500 perhari, retribusi juga juga sudah sangat besar jika dihitung, program ini sangat bagus sehingga pasar menjadi lebih nyaman dan aman, namun jangan sampai pedagang yang menjadi korban.

    Walikota Palembang H Harnojoyo meminta kepada para pedagang pasar Soak Batu untuk tidak khawatir akan kenaikan sewa lapak dan kios pasar soak batu setelah revitalisasi nanti, karena ini semua untuk kepentingan pedagang dan pembeli.

    “jangan khawatir karena ini semua untuk kebaikan bersama, kalau pasarnya aman rapih dan bersih yang diuntungkan kita semua, dengan adanya pasar ini dapat menampung seluruh pedagang yang ada sekarang ini,”ujar Harnojoyo. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com