• Musim Kemarau, Perusahaan Diminta Siapkan Alat PK

    0

    alat pemadam kebakaranLahat, jurnalsumatra.com – Guna untuk mengantisipasi terjadi kebakaran hutan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat meminta kepada semua perusahaan baik perusahaan perkebunan maupun perusahaan batubara menyiapkan alat pemadam kebakaran (PK).

    Tak hanya itu, Pemda Lahat juga meminta semua perusahaan memantau wilayah perusahaan agar terhindar dari pembakaran. Demikianlah disampaikan H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), H Ismail Lukman SH disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Logistik dan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lahat, Drs Ahmad Albar.

    Menurutnya, saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau. Diungkapkanya kebakaran hutan sangat rentan terjadi terlebih berkaca ditahun sebelumnya. Untuk itu dirinya berharap semua pihak harus melakukan antisipasi termasuk perusahaan.

    “Ya kita meminta kepada semua perusahaan agar waspada dan menyiapkan alat pemadam kebakaran khususnya perusahaan perkebunan. Setidaknya jika terjadi kebakaran di wilayah perusahaan bisa segera diantisipasi,”ujarnya lugas.

    Bukan itu saja, Ia juga menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan ‘meluncurkan’ surat edaran kepada pihak kecamatan hingga desa terkait kewaspadaan terjadinya kebakaran. Kendati demikian dikatakan Albar, sejauh ini belum terpantau adanya titik api di Kabupaten Lahat. Albar sendiri merinci hampir semua kecamatan khususnya wilayah hutan dan perkebunan rawan akan terjadinya kebakaran.

    “Selain kadang faktor iseng atau sengaja kemarau juga kerap dimanfaatkan oknum warga membuka lahan pertanian,” tandas Achmad Albar.

    Sementara itu, Bupati Lahat, H Aswari Rivai meminta, agar warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Aswari juga berharap warga waspada dan memantau agar wilayah tempat tinggalnya terhindar dari aksi kebakaran.

    “Kebakaran tidak saja berdampak kepada si pembakar namun bisa berdampak luas. Untuk itu kita minta semua menjaga hutan, kebun sehingga tidak terbakar,”pesan orang nomor satu pemimpin lahat. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com