• Maju Pilkda Mantan Napi Harus Publikasi di Media

    0

    kpu-logoPalembang, jurnalsumatra.com – Mantan narapidana (Napi) boleh maju pada pentas pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 nanti. Tapi dengan syarat harus secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik yang bersangkutan mantan terpidana.

    “Boleh, syaratnya mengumumkan di Koran. Mulai berlaku untuk Pilkada Muba tahun depan,” kata Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis, Liza Lizuardi kepada wartawan, Senin (11/7).

    Dikatakan mantan Panwaslu kota Prabumulih ini, penumuman secara terbuka di media ini menjadi syarat saat mendaftarkan diri di KPU sebagai pasangan calon. Ini berlaku bagi mereka yang maju melalui jalur partai politik atau perseorangan. ”Kita (KPU) menerima bukti saat pendaftaran,” ungkapnya.

    Liza mengaku, belum ada aturan baku mengenai format pengumuman, baik secara ukuran maupun tulisannya. Begitu juga mengenai kriteria media/Koran tempat pengumumannya. Yang jelas dalam pengumuman nanti, harus menjelaskan yang bersangkutan adalah mantan Napi. “Pengalaman yang sudah terjadi di Muratara, pengumumannya sangat kecil dan itu dijadikan bukti syarat,” ungkapnya.

    Diketahui, di Sumsel tahun 2017 nanti akan ada satu Pilkada di Muba. Selanjutnya, tahun 2018 nanti serentak 9 kabupaten/kota dan Pilgub Sumsel. Nah, bagi mereka mantan Napi ingin maju dalam pesta demokrasi nanti, siap-siap untuk mengumumkan diri secara terbuka di publik. (eka)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com