• MABES TNI Berdayakan Masyarakat Tani Di MALUT

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Staf Teritorial Mabes TNI bekerjasama dengan Korem 152/Babullah menggelar kegiatan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat tani se-Maluku Utara (Malut).
    Kasrem 152/Babullah, Letkol Inf Sigit Purwanto, di Ternate, Kamis, mengatakan, dari  210 orang perwakilan Gapoktan se-Malut yang mengikuti kegiatan tersebut para petani mendapatkan berbagai ilmu pertanian modern dan pemaksimalan hasil pertanian dari para narasumber.
    Mateerinya antara lain, pemanfaatan lahan tidur  dengan pola pajale (plus) untuk kedaulatan pangan.
    Nara sumber menjelaskan tentang jenis-jenis lahan tidur beserta pola  tanam tumpang sari, di mana dalam suatu lokasi penanaman pohon tahunan juga dimanfaatkan untuk menanam padi, jagung, kedelai maupun palawija.
    Selain itu juga dikenalkan teknik-teknik pertanian dengan memanfaatkan bahan di sekitar maupun lahan terbatas seperti teknik hidrophonik.
    Begitu pula, teknik pemanfaatan lahan sempit untuk berternak hewan produksi seperti ayam, sapi, bebek dengan tujuan akhir peningkatan produksi pertanian maupun peternakan untuk mencapai target swasembada pangan sesuai yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.
    Sedangkan, salah satu anggota Gapoktan dari Tidore,Fahrudin  menyampaikan bahwa dia merasa terbantu dengan adanya penyuluhan ini karena memperkenalkan metode pertanian khususnya tumpang sari di mana hal tersebut baru diterapkan di Maluku Utara.
    Jadi di lahan tanaman pala dan cengkeh maupun buah juga dapat dimanfaatkan untuk menanam jagung, padi maupun tanaman palawija lainnya.
    Kegiatan tersebut dihadiri Paban Ster Mabes TNI Letkol Inf Tomy Ferry serta narasumber Lektor Sains Komunikasi dan Pengembangan Manusia Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Ir. Saharudin, M.Si serta diikuti peserta dari perwakilan Dinas Pertanian Provinsi, Kota/Kab serta para Babinsa pendamping pertanian.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com