• Kupang Gelar Gala Dinner Untuk Peserta Sail

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Kupang menggelar jamuan makan penyambutan (gala dinner) bagi para peserta Sail Indonesia 2016 yang sudah tiba di Pantai Koepan, wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu dalam ajang internasional tahunan itu.
    “Kegiatan jamuan makan untuk para peserta Sail Indonesia itu dilakukan Sabtu (30/7) malam ini yang langsung dihadiri oleh Wali Kota Kupang dan seluruh jajarannya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Esther Muhu kepada Antara di Kupang, Sabtu.
    Selain kegiatan jamuan makan, akan juga digelar sejumlah kegiatan seni dan tarian budaya Nusa Tenggara Timur. “Ada sejumlah tarian dan aksi budaya daerah yang sudah disiapkan untuk mengisi acara nantinya,” katanya.
    Menurut dia,  meski dari aspek jadwal para peserta sudah mulai berdatangan sejak rabu 27 Juli lalu, namun demikian secara kelembagaan penyambutan baru dilakukan pada malam nanti.
    Hal itu kata dia, karena sejumlah kegiatan lainnya yang dilakukan di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu, termasuk puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 Tahun 2016 yang langsung dihadiri Presiden Joko Widodo.

         Menurut dia, sudah sejak kedatangannya,  para peserta Sail Indonesia sudah bisa langsung berkeliling kota untuk menikmati sejumlah destinasi wisata dan sejumlah pusat kuliner dan penjualan hasil kerajinan tangan warga.
    Pemerintah Kota Kupang kata Esther juga akan menggelar sejumlah kegiatan lainnya di Pantai Koepan sebagai pusat labuh kapal layar atau ‘yatch’ para peserta Sail Indonesia.
    Kegiatan yang akan dilakukan antara lain, mementaskan sejumlah olah raga tradisional seperti permainan ‘gala asin’ dan sejenisnya untuk meraimakan lokasi dekat tambatan kapal layar ‘yatch’ para sailor itu.
    Untuk anak-anak para peserta Sail Indonesia yang dimungkinkan ikut hadiri kegiatan itu, akan disugguhkan sejumlah permainan anak-anak daerah unik dan melibatkan anak-anak di daerah ini.
    “Selain menghibur kita juga mau memperkenalkan sejumlah permainan khas unik anak-anak di daerah ini,” kata Ester tanpa merinci jenis permainan unik itu.
    Secara data para peserta Sail Indonesia yang akan datang menyiggahi Kota Kupang di Pantai Koepan itu sebanyak 47 kapal layar atau ‘yatch’ yang berasal dari sejumlah negara di dunia.

         Meski demikian seluruh peserta tersebut, mengambil titik mulai dari  Darwin-Australia dan menuju Indonesia melalui gerbang Selatan Indonesia dan menyinggahi Laut di Pantai Koepan, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.
    “Setelah melakukan sejumlah perjalanan wisata di daerah berbasis kepulauan selama 30 hari, para peserta selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Wakatobi dan Rajaampat di papua,” katanya.
    Untuk kegiatan berkeliling kota (city tour) dan melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata daerah itu, tambah Esther, para peserta Sail Indonesia dipandu oleh sejumlah pemandu yang sudah disediakan pemerintah.
    “Kita sudah minta seluruh pemilik kuliner khas NTT, para pengrajin, penenun dan sejumlah warga penghasil kerajinan tangan untuk mempersiapkan barang hasil karyanya untuk disajikan dan ditawarkan kepada para peserta Sail,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com