• KPU Gunakan Sensus Verifikasi Calon Independen

    0

    konsen-persiapan-pemilu-2014-kpu-percepat-pelaksanaan-pilkadaPalembang, Jurnalsumatra.com- Ada yang berbeda dalam verifikasi dukungan calon perseorangan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2017 nanti. Jika selama ini menggunakan sistem sample, kini semua dukungan akan diverifikasi secara sensus dengan menanyakan satu persatu kepada pendukung.

    “Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan menanyakan secara langsung, kalau mendukung berarti sah, jika ditanya ternyata tidak, maka mereka akan dimintai pertanyataan terdandatangi,” kata ketua KPU Sumsel, Aspahani kepada wartawan, Selasa (12/7).

    Dikatakan, ada dua tahapan dalam verifikasi faktual dukungan pasnagan calon perseorangan. Pertama PPS mendatangi secara langsung pendukung satu persatu. Jika tidak bertemu, maka pasangan calon mendatangkan pendukung langsung ke PPS untuk verifikasi dengan durasi waktu 3 hari setelah diulakukan verifikasi ke rumah secara langsung. “Kekurangan dukungan harus diperbaiki/dilengkapi dengan dua kali lipat dukungan,” ungkapnya.

    Diketahui, di Sumsel hanya ada satu kabupaten yang mengikuti Pilkada 2017 nanti. Yakni, Musi Banyuasin (Muba). Khusus Muba, sayarat dukungan minimal 8,5 persen dari jumlah penduduk yang tersebar minimal 50 persen daerah, artinya jika Muba 14 Kecamatan harus tersebar di 8 Kecamatan. “Muba berdasarkan DPT terakhir sebanyak 38.914, berarti minimal dukungan untuk perseorangan sebanyak 457.803 dukungan,” papar Aspahani.

    Dukungan ini, lanjutnya, harus diserahkan saat mendaftar calon independen pada 13 Agustus-15 September. Jika sudah diverifikasi maka menjadi syarat untuk mendaftar pasangan calon yang dijadwalkan pada 19-21 September. “Kami penyelenggara prinsipnya mempermudah dan tetap akan berpatokan pada aturan dalam penyelenggaraan Pilkada ini,” pungkasnya. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com