• Konsultan Moto GP Akan Survey Lokasi

    0
    alex noerdin

    Konsultan Moto GP Akan Survey Lokasi

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Konsultan Moto GP akan datang dalam waktu dekat yang dipercaya Dorna akan ke Sumsel. Konsultan dari Jerman Hermann Tilkeakan menyurvei lokasi yang akan dibangun sirkuit Moto GP. Rencana itu diungkapkan Ketua Harian IMI Sumsel, Augie Bunyamin kemarin di Griya Agung usai rapat dengan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin.

    Menurut Augie, pihaknya datang untuk melaporkan pembangunan sirkuit Moto GP, konten desain sirkuit dan rencana keberangkatan konsultan yang dipercaya Dorna untuk berangkat ke Palembang. Kemungkinan konsultan itu akan datang paling lambat dua pekan lagi. ”Konsultan ini sudah membangun 18 dari 21 sirkuit MotoGP serta 16 dari 19 sirkuit Formula 1 yang ada di seluruh dunia,” katanya.

    Hermann Tilke datang untuk menyurvei lokasi yang telah ditetapkan yakni di dekat ski air JSC seluas 120 hektar. Lalu dirinya akan mendesain gambar sirkuit yang memakan waktu 16 bulan. Setelah selesai desain akan diberikan kepada gubernur dan gubernur segera merencanakan pembangunan dengan pihak investor. ”Sirkuit Moto GP di Sumsel akan menjadi sirkuit Moto GP termurah di dunia,” paparnya, yang belum mau menyebutkan berapa nilai investasinya.

    Sejauh ini,sudah ada dua calon investor yang akan membangun sirkuit tersebut dan melakukan kerjasama BOT dengan pemprov. Karena itu, Gubernur meminta agar pengerjaan fisik sudah dilakukan pada 2016 sehingga pada 2017 Dorna bisa menjadwalkan Sumsel dapat di seri berapa untuk MotoGP 2018.

    Lanjutnya Tidak hanya itu, Dorna pun tengah membahas pengajuan persyaratan yang mesti dipenuhi agar pembangunan bisa segera dilakukan. Mulai dari sisi komersilnya hingga pembahasan klausul kerjasama kedepannya. “Kira-kira persyaratannya apa yang kurang, jadi bisa langsung dilengkapi oleh pemprov. Tapi sejauh ini belum disebutkan ada kekurangan karena yang terpenting itu lahannya sudah bebas dan siap bangun,” tegasnya”

    Sementara itu ubernur Sumsel H Alex Noerdin menuturkan digriya agung kamis (21/7) calon investor tersebut memang sudah ada. Namun dirinya masih merahasiakan siapa calon investor. “Untuk total investasinya belum tahu pasti. Nanti setelah konsultan tersebut selesai mendesain, baru tahu berapa dana yang dibutuhkan. Diperkirakan tidak lebih dari Rp500 miliar,”

    Herman Tilke merupakan desainer sirkuit berpengalaman yang sudah dipercaya oleh Dorna Sport. Hermann telah merancang banyak sirkuti di dunia. ”Investor yang ditunjuk pun bukan sembaran investor melainkan yang memang sudah bergelut di bidang ini sejak lama. Karena pembangunan jalan dan struktur bangunannya pun berbeda dengan aspal yang lebih tebal dan segala komponen sirkuit lainnya,” jelasnya”(RN)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com