• KIP Sayangkan Kabupaten Mukomuko Belum Miliki PPID

    0

        Bengkulu, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi Informasi Provinsi Bengkulu Emex Verzoni menyayangkan Pemerintah Kabupaten Mukomuko belum memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).
    Seluruh kabupaten dan kota kecuali Mukomuko sudah membentuk PPID sebagai pengelola informasi yang  menjadi kebutuhan publik, kata Emex Verzoni di Bengkulu, Sabtu, mengatakan, .
    “Kabupaten dan kota lain di Bengkulu sudah membentuk PPID sejak 2015. Sekarang sudah mulai berjalan dengan baik,” kata dia.
    Bbadan publik dan instansi pemerintah wajib memiliki PPID demi membangun pemerintahan yang baik dan sehat.
    “Kabupaten Bengkulu Selatan saja bahkan berencana membentuk PPID tingkat desa, sementara Mukomuko sampai saat ini pemerintahan kabupatennya masih belum memiliki PPID,” katanya.

         Emex berharap dengan bupati yang baru saja dilantik pada Februari 2016 lalu, Choirul Huda, mau segera membangun PPID. Keterbukaan informasi publik kata dia saat ini merupakan sebuah kewajiban yang diatur undang-undang.
    “Keterbukaan informasi bertujuan agar potensi tindak korupsi bisa ditekan, bahkan kalau seluruh badan publik dan instansi pengelolaannya transparan, jangankan korupsi, niat saja mereka tidak berani,” ucapnya.
    Emex mengatakan masih banyak instansi atau badan publik di Bengkulu yang tertutup terhadap dokumen informasi yang seharusnya menjadi konsumsi publik.
    “Apalagi jika tidak ada PPID, harus ke mana masyarakat mendapatkan informasi pemerintahan?” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com