• Kendaraan Dilarang Melintas di BKB

    0
    Kendaraan Dilarang Melintas di BKB

    Kendaraan Dilarang Melintas di BKB

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Berdasarkan peraturan walikota (Perwali) nomor 151 tahun 2011 serta menjadikan Benteng Kuot Besak (BKB) sebagai icon Kota Palembang dalam rangka menyambut Asian Games yang akan berlangsung 2018 mendatang Dinas Perhubungan (Dishub) melarang kendaraan untuk melintas di pelataran BKB.

    Tidak hanya besa dari kendaraan roda dua maupun roda empat, untuk itu kendaraan untuk menuju Sebrang Ulu dapat melalui rekayasa lalulintas rute depan Rumah sakit Benteng maupun memuter arah depan Pasar Cinde Palembang, sedangkan para PKL akan berjualan dibawah jembatan Ampera.

    Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Sulaiman Amin mengatakan ini merupakan program dari pemerintah kota Palembang agar BKB steril dari kendaraan dan pedagang. “kapan lagi kalau bukan sekarang melakukan penataan BKB, area ini dikhususkan untuk menjadi lokasi wisata bagi wisatawan,”ujar Sulaiman, Selasa (12/7).

    Untuk memantau langsung pelataran BKB pihaknya menerjunkan sebanyak 30 personil termasuk juga personil dari Pol PP, hal ini untuk melakukan sosialiasi kepada masyarakat dan tentu apakah jalan ini akan ditutup secara permanen atau tidak menunggu perkembangan.

    “saat ini juga tengah dilakukan revitalisasi pembuatan taman dan pembangunan tugu Belido, dengan penutupan ini sehingga ke depan tidak lagi ada kendaraan yang parkir serta pedagang yang berjualan disini,”ungkapnya.

    Ia menambahkan, pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada supir angkot sekaligus sosialisasi rute baru yang akan dilewati. Untuk masyarakat yang ingin mengunjungi BKB, kendaraan bisa diparkir di samping kantor walikota dan di bawah ampera. Jadi tidak ada satu pun kendaraan yang parkir lagi di kawasan BKB kedepannya.

    “Surat edaran ini sudah kita bagikan kepada semua supir angkot, dan saat ini juga kami sudah menurunkan anggota di lapangan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kebijakan walikota Palembang mengenai sterilisasi BKB. Akan ditertibkan angkot yang mangkal di monpera,”urainya.

    Ia menjelaskan, untuk rute angkutan umum dari Ampera – bukit besar, Ampera – perumnas, Ampera – tangga buntung, dan Ampera – pakjo diwajibkan untuk melalui trayek dari arah jalan merdeka – jalan Rumah Bari – Bek AngDam – Jalan Sekanak kembali ke Jalan Merdeka berputar di belakang Kantor walikota Palembang.

    Sedangkan untuk rute angkutan umum Ampera – plaju, Ampera – karya jaya dan Ampera – pasar induk wajib melalui ruas jalan dari arah jembatan Ampera turun – Jl. Nusa Indah – terminal Ampera – bawah jembatan Ampera – Jl. Tengkuruk – selanjutnya naik ke atas jembatan Ampera (berputar di bawah jembatan Ampera).

    Sebelumnya, senin malam Walikota Palembang bersama dengan jajaran melakukan pemantaun inpeksi mendadak (sidak), hal ini tidak lain upaya pemerintah menjadikan BKB lebih tertib dan indah.

    “Penertiban pedagang dan parkir kendaraan ini sesuai dengan kesepakatan bersama untuk keindahan BKB yang menjadi ikon wisata kota Palembang,”kata Harnojoyo.

    Sidak yang diikuti jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkot Palembang, orang nomor satu ini masih menemukan parkir liar yang menempati sepanjang jalan BKB.“Nanti mulai malam ini, tidak ada lagi parkir kendaraan di BKB,” jelasnya.

    Penertiban dilakukan tersebut, kata politisi Partai Demokrat ini, pihaknya telah mempersiapkan space khusus untuk PKL dan parkir kendaraan. Nanti pedagang kuliner akan ditempatkan di Pasar 16 Ilir pada malam hari dan parkir kendaraan bisa mengunakan dibawah Ampera, dengan begitu sepanjang kawasan mulai BKB hingga Pasar 16 akan lebih hidup dimalam hari,” tegasnya.

    Namun ada pengecualian bagi kendaraan yang boleh melintas di BKB, yakni kendaraan operasional Dinas kata Harnojoyo.

    Kebersihan dan Keindahan (DKK) dan kendaran operasional milik Dinas Penerangan Lampu Jalan, Taman dan Pemakaman.“Karena mereka akan menjalankan tugasnya untuk mengangkut sampah dan menjaga kebersihan kawasan BKB tersebut,”tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com