• Kebakaran Pasar Sangai Kotim Diduga Akibat Genset

    0

         Sampit, jurnalsumatra.com – Kebakaran yang menghanguskan 73 bangunan pasar Tumbang Sangai, Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Kamis (30/6) diduga akibat generator set yang menyambar bensin.
    Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi saat meninjau lokasi kejadian, Jumat mengatakan, informasinya pemicu kebakaran itu bermula dari salah seorang warga bermaksud mengisi  bensin ke genset yang dalam keadaan hidup, kemudian percikan api menyambar bensin yang yang akan diisikan.
    “Dari genset itu kemudian api membesar dan menghanguskan rumah toko (Ruko) sebanyak sebanyak 37 bangunan, los pasar sebanyak 16 unit dan rumah warga sebanyak 20 bangunan,” terangnya.
    Kerugian materi diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Dengan rincian, 37 bangunan Ruko diperkirakan kurang lebih Rp17,6 miliar.

          Kemudian 16 los pasar sebesar Rp3 miliar dan untuk 20 rumah diperkirakan keeugiannya mencapai Rp3,6 miliar. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp23,3 miliar
    “Sampai saat ini kita masih terus melakukan pendataan korban. Dan kita juga telah mendirikan posko di sekitar lokasi kejadian,” katanya.
    Posko tersebut untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap korban kebakaran.
    Korban kebakaran sebagian menumpang tinggal di rumah warga sekitar kejadian.
    “Kepada korban kebakaran kita minta untuk bersabar, pemerintah Kotawaringin Timur akan mengupayakan bantuan,” ucapnya.
    Sementara itu, berdasarkan keterangan saksi dan juga korban kebakaran Irfan Rijani mengatakan, saat itu dirinya bermaksud akan mengisi bahan bakar jenis besin di genset miliknya yg sedang dalam kondisi hidup, saat membuka tutup tangki genset tiba-tiba keluar api dan menyambar bensin.
    Korban panik, dan jerigen berisikan bensin yang dibawanya terlepas dari genggamannya, sehingga api menjalar ke seluruh bangunan yang terbuat dari kayu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com