• Kasus korupsi dana bantuan perumahan segera disidangkan

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kasus korupsi dana bantuan atau stimulan perumahan swadaya masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, segera disidangkan setelah jaksa menyerahkan berkas ke Pengadilan Negeri Palembang, Jumat.

    Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Palembang Saiman mengatakan institusinya telah menerima berkas tiga terdakwa berinisial BU (43), HE (43) dan IW (34) dari tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) sejak 27 Juli 2016.

    “Majelis hakim yang akan menyidangkan sudah terbentuk, terdiri atas JPL Tobing sebagai hakim ketua dan Hardi serta Arizona sebagai hakim anggota. Tak berapa lama lagi akan segera disidangkan,” kata Saiman.

    Pada umumnya persidangan akan dimulai pada satu pekan setelah berkas diserahkan JPU ke Pengadilan, kata Saiman.

    Ketiga terdakwa diduga melakukan korupsi bantuan sosial kegiatan BSPS Kemenpera RI untuk 95 masyarakat berpenghasilan rendah di Ogan Ilir.

    Polisi menemukan pengeluaran fiktif dari kegiatan tersebut dan hal ini juga diperkuat oleh Badan Pengawas Keuangan Pembangunan yang menyatakan adanya kerugian negara.

    Petugas dari Unit Pidkor Polres Ogan Ilir melakukan penyelidikan dan menetapkan status tersangka bagi BU (mantan Kades Palu), dan HE, IW dengan peran yang berbeda.

    Ketika dana BSPS tahap II tahun 2013 untuk 95 masyarakat berpenghasilan rendah masuk ke rekening Toko Taqwa Tani senilai Rp340.250.000, tersangka BU meminta dana tersebut dengan alasan akan menyiapkan dan mendistribusikan material bahan bangunan kepada masing-masing penerima bantuan.

    Namun, BU tidak merealisasikan material bahan bangunan sesuai dengan DRPB2 tahap II dan diduga dipakai untuk kepentingan pribadi. Sementara IW diduga tidak melaksanakan kewajibannya selaku penyedia material bahan bangunan yang dibutuhkan untuk program tersebut.

    Sedangkan HE bertindak selaku tenaga pendamping masyarakat Desa Palu yang tidak menjalankan kewajibannya dalam monitoring dan pengawasan dalam kegiatan dan program tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com