• Kandidat Sekda Palembang Mulai Bermunculan

    0
    Kandidat Sekda Palembang Mulai Bermunculan

    Kandidat Sekda Palembang Mulai Bermunculan

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Sejak dibuka Selasa (19/7) hingga 5 Agustus mendatang calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang mulai bermunculan, para kandidat tidak hanya didominasi oleh pejabat senior namun muncul juga dari kalangan muda, dengan kemunculan tokoh muda semakin membuat persaingan kursi Sekda semakin sengit dan ketat.

    Dari kalangan muda muncul nama Pelakasana Tugas (Plt) Sekda Palembang, Kurniawan, Kepala BPM-PTSP Kota Palembang, Ratu Dewa, Staf Ahli Yanuarfan, sedangkan dari golongan senior muncul nama, Asisten I Harobin Mustofa, Asisten III Hoyin, Staf Ahli Sudirman Teogoh, Satf Ahli Ana Heryana,kepala Dinsos Palembang, Faisal AR, Staf Ahli Masrifin dan lainnya.

    Pengamat Pemerintahan, Husni Thamrin mengatakan Sekda adalah jabatan tertinggi dalam karir seorang PNS oleh karena itu, Sekda Palembang kedepan harus mampu menjadi perumus dalam menjalankan kebijakan Walikota sehingga dapat dikoordinasikan dengan seluruh SKPD.

    “Sekda adalah perpanjangan tangan dari Walikota, oleh karena itu tentu sangat berat tugas seorang Sekda dalam menjalani roda pemerintah di lingkungan Kota Palembang,”kata Husni yang juga mantan Sekda Palembang.

    Calon Sekda juga harus memiliki kepangkatan yang telah ditetapkan tidak hanya itu saja, namun telah berpengalaman baik itu sebagai kepala SKPD, sehingga dengan pengalaman tersebut program yang dicanangkan dapat dengan mudah direaliasikan.

    “yang paling penting berwawasan dengan wawasan yang dimiliki dapat mengakomodor dan menuntaskan persoalan yang ada, tentu Sekda kedepan juga berortiasi kebijakan dengan pemerintah pusat, jangan sampai kebijakan pusat bertentangan dengan daerah, karena tidak kepala daerah itu dari birokrat,”jelasnya.

    Plt Sekda Palembang, Kurniawan menyatakan diri siap bersaing untuk memperebutkan kursi Sekda Palembang, dirinya siap bersaing dengan segera menyerhakan formulir pendaftaran kepada panitia seleksi.

    “kami siap mendaftar dan siap bersaing, siapapun berpeluang untuk menduduki kursi Sekda Palembang,”kata Kurniawan. Dikatakan Kurniwan pendaftaran lelang jabatan sekda palembang secara internal akan dilakukan selama tiga minggu kedepan, kemudian panitia seleksi akan melakukan pengecekan persyaratan secara administrasi.

    “kemudian timsel akan melakukan fit and proper test terhadap para kandidat yang dinayatakn lulus secara administrasi, kemudian tiga nama akan diserahkan kepada Walikota untuk ditetapkan sebagai Sekda,”kata Kurniawan.

    Siapapun yang ditetapkan tiga nama tergantung dari penilaian oleh Timsel, dan siapapun yang ditetapkan Sekda nanti adalah wewenag Walikota Palembang, yang paling penting Sekda adalah jabatan startegi dalam sebuah pemerintahan.

    Kepala BPM-PTSP (Badan Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Ratu Dewa mengaku dirinya sudah menyiapkan segala persyaratan termasuk sudah menyiapkan makalah sebagai syarat untuk mendaftar menjadi Sekda.

        “Tes ini dibuka seluas-luasnya biar hasilnya teruji, pak Wali sudah memberikan lampu hijau dan siapa saja mempunyai hak yang sama untuk maju, dan ini membuktikan bahwa lelang sekda terbuka,”untuk ikut.

    Sudirman Teguh, staf ahli Bidang Ekonomi dan Investasi ini pun rupanya sudah bertanya-tanya sebagai syarat administrasi untuk mencalonkan diri menjadi Sekda. Saya akan maju dan sedang mengajukan persyaratan namun kami juga akan tetap meminta restu dari Walikota.

    Dalam kesempatan itu, dirinya mengaku jabatan Sekda bukan kekuasaan melainkan hanya tugas. Asisten III Pemkot Palembang, Hoyin Rizmu pun mengaku dirinya sedang mempersiapkan berkas dan makalah untuk persyaratan menjadi Sekda.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com