• Jumbara 2016 Fokus Untuk Pembangunan Karakter

    0

         Ambon, jurnalsumatra.com – Pelaksanaan kegiatan Jumpa Palang Merah Remaja (Jumbara) tingkat nasional di Pakajene, Sulawesi Selatan pada25-31 Juli 2016 akan difokuskan untuk upaya pembangunan karakter remaja.
    “Jumbara kali ini agak lain karena lebih difokuskan untuk  membangun karakter dalam upaya mempersiapkan generasi remaha menjadi sumber daya manusia yang tangguh, bebas dari narkoba maupun seks bebas,” kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI)Kota Ambon, Ny. Maria Hukom, di Ambon, Senin.
    Provinsi Maluku telah mengirimkan 14 orang anggota serta pembina PMI ke Pakajene untuk mengikuti kegiatan selama satu pekan tersebut.
    Sebelum diberangkatkan, kata Maria, pihaknya telah melakukan pembinaan serta menggembleng para peserta palang remaja asal SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Ambon selama dua bulan.

         Diharapkan mereka juga akan menjadi pemuda-pemudi bangsa untuk masa depan Indonesia dan harus bisa menyebarluaskan ilmu serta pengalaman yang didapatkan ini kepada rekan-rekan sebayanya.
    “Hari ini rombongan sudah tiba di Sulsel dan namanya tim PMI asal Kota Ambon mewakili Maluku sebab dari kabupaten lain belum disiapkan,” ujarnya.
    PMI selalu siap dan tenaga sukarelanya ada di berbagai instansi pemerintah yang sudah digembleng lebih awal untuk membantu masalah bencana alam dan sebagainya, tetapi untuk PMR ini mereka mulai dibina dari sekolah.
    Jumbara 2016 di Pakajene bukan saja diikuti peserta dari seluruh Indonesia, namun ada juga yang berasal dari sejumlah negara Asean, Eropa seperti Swedia dan Belanda, Australia, serta Amerika Serikat.
    Banyaknya peserta dari berbagai negara yang hadir karena palang merah merupakan sebuah organisasi kemanusiaan internasional dan dalam kegiatan ini, mereka harus tahu semuanya.
    “Kalau selama ini program PMR fokus untuk masalah dapur umum, pertolongan pertama, atau perawatan keluarga, tetapi sekarang disesuaikan dengan perkembangan di masyarakat seperti apa, itu yang harus diresponi,” tegasnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com