• ITA Gandeng Perbankan Bantu Pemasaran “Online” UKM

    0

    Semarang, jurnalsumatra.com – Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Ita berencana menggandeng perbankan untuk membantu pemasaran produk usaha kecil menengah secara “online”.
    “Rencananya, kami akan melakukan kerja sama berbasis teknologi informasi (IT) dengan Bank Negara Indonesia (BNI). Ini untuk memasarkan produk UKM secara ‘online’,” katanya di Semarang, Rabu.
    Menurut dia, kalangan UKM dan industri kecil menengah (IKM) akan dibuatkan semacam “website” yang menjadi wadah untuk memfasilitasi berbagai produk-produk unggulan yang potensial untuk dipasarkan.
    Nantinya, kata dia, akan menjadi semacam rumah kreatif untuk pembinaan kalangan UKM dan IKM, termasuk mengajari sampai proses “packaging” (pengemasan) agar tampilan produknya terlihat lebih menarik.
    “Ya, tentunya nanti rumah kreatif ini akan menyortir produk-produk UKM dan IKM yang berdaya saing. Makanya, mereka juga diajari bagaimana mengemas produknya. Ini nanti difasilitasi oleh BNI,” katanya.
    Menurut dia, beberapa UKM dan IKM, terutama yang ada di Semarang selama ini sangat berpotensi, sebab pemasaran produknya tidak hanya mencakup skala lokal, namun juga nasional, dan ada yang sudah internasional.
    Ia mencontohkan salah satu UKM bidang batik yang memproduksi syal dengan pemasaran produknya sudah sampai Dubai, Uni Emirat Arab, sehingga menunjukkan kualitas produk UKM tidak bisa diremehkan.
    Mengenai rencana peluncuran “website” untuk wadah pemasaran UKM dan IKM, Ita mengatakan secepatnya sembari menunggu koordinasi dengan satuan kerja perangkat dinas (SKPD) yang membidanginya.
    “Untuk UKM kan pengampunya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sementara IKM berada di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kami terus berkoordinasi,” katanya.
    Sembari menunggu penanda tanganan kerja sama dan peluncuran “website”, kata dia, langkah dilakukan secara pararel, yakni memberikan pembekalan dan mengajarkan cara-cara pengemasan kepada pelaku usaha.
    “Untuk peluncuran (website, red.), kami ingin kalau bisa pada 17 Agustus mendatang. Sementara ini, sudah ada delapan UKM dengan kriteria bagus yang terjaring, sementara IKM lebih banyak lagi,” pungkas Ita.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com