• Imigrasi Muaraenim perketat pengawasan orang asing

    0

    Muaraenim, jurnalsumatra.com – Kantor Imigrasi kelas II Muaraenim Sumatera Selatan semakin memperketat pengawasan bagi orang asing baik yang bekerja atau hanya sebagai wisatawan.

    Pengawasan itu meliputi wilayah di dua kota dan sembilan kabupaten di Sumatera Selatan, kata Kepala Kantor Imigrasi kelas II Muaraenim, Telmaizul Syatri di Muaraenim, Jumat.

    Ia menjelaskan, pengawasan para tenaga kerja asing itu dilakukan di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Muaraenim meliputi dua kota dan sembilan kabupaten yakni Kota Pagaralam, Lubuklinggau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Muaraenim, Lahat , Penukal Abab Lematang Ilir, Musirawas, Musirawas Utara, Empat Lawang, OKU Timur, dan OKU Selatan.

    “Dari data satu semester selama priode 2016 kantor Imigrasi Muaraenim telah mendeportasi empat orang warga negara asing, yaitu tiga warga negara Tiongkok dan satu warga negara Jepang,” kata Telmaizul.

    Sementara, mengenai pelanggaran keimigrasian ada satu warga negara Jepang yakni menyalahgunakan izin tinggal, serta tiga warga Tiongkok adalah tidak memperpanjang masa tinggal atau over stay, katanya.

    Dikemukakannya, dengan pengawasan dari Keimigrasian secara rutin tujuannya untuk membuat orang asing menjadi disiplin dan mengerti aturan Keimigrasian di Indonesia.

    “Jika kita temukan ada pelanggaran Keimigrasian, langsung ditindak yakni mengacu pada kebijakan pengamanan selektif serta memberikan pelayanan yang terbaik supaya keberadaan orang asing dapat bermanfaat bagi pembangunan di Indonesia,” kata Telmaizul menjelaskan.

    Dikatakannya, sepanjang catatan Kantor Keimigrasian kelas II Muaraenim telah menindak dan melakukan deportasi 300 warga asal Tiongkok pada awal tahun 2015, tujuannya untuk membuat efek jera bagi warga negara asing jangan mengulangi kesalahan dan izin imigrasi mereka.

    Ia menambahkan, untuk lebih memantau keberadaan orang asing, nantinya kantor Keimigrasian akan bersinergi dengan pemilik hotel supaya melaporkan keberadaan orang asing yang menginap atau bertempat tinggal.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com