• Harga Gabah Di Aceh Utara Tidak Stabil

    0

        Lhokseumawe, jurnalsumatra.com – Harga jual gabah kering giling tingkat petani di Aceh Utara, Provinsi Aceh  tidak stabil sejak beberapa pekan terakhir.
    Menurut para petani di Kecamatan Baktiya, Minggu bahwa harga jual gabah dibeli oleh pedagang pengumpul dengan harga yang bervariasi antara Rp4.350 hingga Rp 4.500 per Kilogram.
    “Harga tersebut bisa berubah-ubah tergantung pembelinya dan juga tergantung kualitas gabah yang dijual oleh petani,” ucapnya.
    Sejauh ini dia mengaku tidak tahu penyebab tidak stabilnya harga gabah tersebut. akan tetapi jika harga beli gabah rendah, tentu akan merugikan petani sendiri.
    Sementara itu, salah seorang pedagang pengumpul gabah di Kecamatan Seunuddon, Abdul Rafan, mengatakan, harga jual gabah belum stabil. Dirinya juga mengaku tidak tahu penyebab belum stabilnya harga tersebut.

        “Untuk saat ini, saya membeli (gabah) dari petani Rp4.500 per kilogram, harga dimaksud  untuk kualitas gabah yang bagus. Sedangkan sebulan yang lalu, harga gabah dapat dibeli  dengan harga Rp4.800 hingga Rp4.900 per kilogram,”  jelas pedagang pengumpul gabah itu.
    Beberapa petani di kawasan timur Aceh Utara, mengatakan, bahwa hasil produksi gabah musim panen ini, umumnya lebih meningkat dibandingkan musim panen sebelumnya. Namun ada juga lahan yang tidak mencapai target akibat gangguan hama tikus.
    Sebagaimana yang dialami oleh Mariana, petani Desa Geulumpang Samlako, Kecamatan Baktiya, yang menyebutkan, bahwa akibat gangguan hama salah satu hewan pengerat tersebut, hasil produksi lahan persawahannya menurun dibandingkan dengan lahan petani lainnya.
    “Sebagian petani memang ada yang meningkat hasil panennya, tetapi kalau saya sendiri pada musim panen kali ini menurun, karena ada gangguan hama tikus. Biasanya saya mendapat sekitar enam ton hasil panen, tetapi sepertinya kali ini tidak sampai lima ton,” kata Mariana.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com