• Gubernur DKI Apresiasi Konsep Orientasi Siswa Baru

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memuji konsep orientasi siswa yang kali ini diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anie Baswedan.
    “Konsep orientasi yang diperkenalkan oleh Pak Anies ini bagus. Konsepnya mirip-mirip seperti konsep yang diterapkan di sekolahan yang ada di luar negeri,” kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.
    Menurut dia, konsep orientasi siswa yang diterapkan kali ini, yakni Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk menyetarakan dengan sekolah-sekolah internasional yang ada di ibukota.
    “Kita lihat saja, kenapa sekolah-sekolah di luar negeri bisa lebih maju? Karena sistem yang diterapkannya benar. Di negara kita, sistemnya masih harus diperbaiki, mulai dari konsep orientasi ini,” ujar Basuki.
    Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan konsep orientasi yang diterapkan di sekolah-sekolah internasional berbeda dengan sekolah lokal, yakni tidak adanya perpeloncoan.
    “Kalau di sekolah-sekolah luar negeri, tidak ada orientasi yang sifatnya perpeloncoan. Orientasinya berupa pengenalan lingkungan, ruangan, ekstrakurikuler dan mata pelajaran,” tutur Basuki.
    Oleh karena

    itu, dia pun menyarankan agar sebaiknya konsep orientasi siswa yang diterapkan di Jakarta maupun di kota-kota lainnya bukan yang bersifat perpeloncoan, tetapi yang lebih mendidik siswa.
    Sementara itu, terkait imbauan bagi orang tua siswa untuk mengantar anaknya pada hari pertama masuk sekolah, dia mengungkapkan imbauan tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang tua siswa untuk berinteraksi dengan guru serta kakak kelas siswa.
    “Dengan mengantarkan anak ke sekolah, para orang tua bisa berinteraksi dengan guru-guru sekaligus kakak kelas siswa. Jadi, orang tua bisa tahu seperti apa guru dan kakak kelas di sekolah itu,” ungkap Basuki.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com