• Gubernur Beri Sanksi ASN Tambah Libur Lebaran

    0

    Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memberi sanksi Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini yang menambah libur atau tidak masuk pada hari pertama kerja usai lebaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    “PNS yang menambah libur, kami akan lihat dari absensi yang akan dilaporkan oleh Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah,” kata Arsyadjuliandi Rachman, usai apel pagi di halaman kantor gubernur Riau, di Kota Pekanbaru, Senin.
    Ia menegaskan, pada hari pertama kerja usai Lebaran 2016 ini,  setiap ASN harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan termasuk jadwal masuk tepat waktu pada Senin ini.
    Apalagi waktu untuk libur dirasakan mencukupi oleh Andi Rachman, sapaan akrab Gubernur Riau ini, sehingga tidak ada lagi alasan bagi ASN untuk memperpanjang libur di luar yang ditetapkan.
    Menurutnya, jika ada yang melanggar sanksi akan diberikan,  seperti keterlambatan datang saat apel pagi maupun tidak hadir tanpa alasan.
    Siang ini, pihaknya akan memproses semua itu setelah mendapat laporan dari BKP2D Provinsi Riau.
    Kepala BKP2D Riau Asrizal membenarkan akan adanya sanksi yang diterima ASN memperpanjang libur usai lebaran ini.
    Pihaknya telah meminta setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setelah apel untuk mengumpulkan absensi ke BKP2D Riau.
    “Kami usahakan siang ini diproses,” ujarnya pula.
    Menurut Asrizal, cuti bersama telah ditetapkan dalam kalender kerja pegawai selama satu tahun yang diatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bersama Menteri Agama dan Menteri Tenaga Kerja dalam Permen No: 150/2015/N0 2/SKB/Men/VI/2015 dan No: 1/2015/25 Juni 2015 tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama.
    Sedangkan untuk sanksi telah diatur pada PP Nomor 53 Tahun 2010, yakni sanksi sedang dan sanksi ringan.
    “Sesuai ketentuan Kemenpan-RB bisa sanksi sedang berupa penundaan kenaikan pangkat bagi PNS yang menambah cuti bersama,  sedangkan sanksi ringan berupa teguran,” katanya lagi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com