• Gorontalo Utara Waspada Santoso Dan Paham Isis

    0

         Gorontalo, jurnalsumatra.com – Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin mengatakan, daerah ini harus mewaspadai gerakan kelompok teror Santoso dan paham radikal seperti ISIS yang rawan masuk kapan saja.
    “Letak geografis Kabupaten Gorontalo Utara yang sangat terbuka dari wilayah laut dan darat, membuat pemerintah daerah harus lebih waspada terhadap gerakan-gerakan yang berpotensi merusak suasana keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” ujarnya di Gorontalo, Jumat.
    Menurutnya, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Gorontalo Utara yang telah dibentuk, sangat penting mengingat kabupaten ini terdiri dari berbagai etnis, suku dan agama sehingga rawan terjadi konflik sosial.
    Pemerintah daerah menilai penting memperkuat forum tersebut, melalui sosialisasi-sosialisasi di seluruh desa tersebar di 11 kecamatan.

         Ia menambahkan, pemerintah daerah bersama masyarakatnya, harus waspada terhadap gerakan Santoso mengingat wilayah Posso, Provinsi Sulawesi Tengah sangat dekat dengan Gorontalo Utara khususnya di wilayah barat Kecamatan Tolinggula.
    Pengalaman masuknya belasan warga Kecamatan Kwandang mengikuti aliran Gafatar, harus menjadi pelajaran penting terkait pengawasan dan pengamanan seluruh wilayah ini.
    Ketika ada gejolak negatif di masyarakat, maka forum tersebut harus cepat-cepat menanganinya, sebab ada berbagai elemen masyarakat masuk di dalam forum tersebut.
    “Sehingga informasi dini serta upaya mengatasi dan menghilangkan permasalahan sangat penting dilakukan,” kata Bupati.
    Santoso dan ISIS kata ia, tidak boleh masuk ke Gorontalo Utara sebab paham radikal yang dibawanya akan sangat mengganggu stabilitas daerah, khususnya pertumbuhan ekonomi yang semakin baik di daerah ini.
    Sumber-sumber pemicu konflik sosial di daerah ini pun terus diatasi, seperti pembuatan dan peredaran minuman keras, penyebaran aliran keagamaan yang dianggap sesat, serta masalah batas administrasi antar desa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com