• DPRD: Pemkot Kupang Maksimalkan Pajak Penerangan Jalan

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Kalangan DPRD mendorong Pemerintah Kota Kupang terus memaksimalkan potensi pajak daerah termasuk pajak penerangan jalan untuk penambahan pendapatan asli daerah demi keberlanjutan pembangunan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.
    “Dari aspek capaian PAD secara keseluruhan, kami sangat memberi apresiasi karena sudah melampaui target hingga Rp125 miliar. Namun masih ada sektor yang belum dimaksimalkan seperti pajak penerangan jalan,” kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kota Kupang Daniel Hurek, di Kupang, Jumat.
    Berkaitan laporan pertanggung jawaban keuangan Pemkot Kupang tahun anggaran 2015 yang disampaikan dalam Sidang I DPRD Kota Kupang tahun 2016, dia menjelaskan, PAD dari pajak penerangan jalan yang sudah dilaporkan sebesar Rp26,3 miliar itu, menurut hitungan fraksinya justru masih jauh dari fakta lapangan dan dinilai belum optimal.
    Menurutnya, hal itu terjadi karena kesesuaian data statistik terhadap jumlah pelanggan PLN di Kota Kupang dengan capaian yang diperoleh masih sangat minim.
    Dia menyebutkan, jumlah pelanggan PLN sesuai data statistik 2014 di Kota Kupang sebanyak 91.204 pelanggan, dengan penggunaan daya listrik sebesar 255.793.992 KWh, sehingga nilai pemakaian yang ada sebesar Rp268,4 miliar lebih.
    Mengacu kepada laju pertumbuhan ekonomi Kota Kupang pada 2014 sebesar 7,32 persen, maka realisasi pajak penerangan jalan 2015 dapat mencapai Rp28 miliar lebih, kata dia.
    “Dengan kata lain terdapat potensi pendapatan daerah sebesar Rp2 miliar lebih yang belum diterima,” ujar dia.
    Menurut Wakil Wali Kota Kupang periode 2007-2012 itu, nilai Rp2 miliar bagi pemkot setempat mungkin dinilai terlampau kecil dibandingkan dengan keseluruhan capaian PAD Rp125 miliar.
    Padahal menurutnya, Rp2 miliar itu dipandang sangat bernilai jika dimanfaatkan untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan di daerah ini yang masih banyak berlubang.

         “Ya, bisa membangun sekitar dua kilometer sampai tiga kilometer jalan, termasuk juga bisa memberikan pelatihan bagi pemuda sebanyak 400 orang untuk peningkatan skill,” kata Daniel lagi.
    Karena itu, DPRD berharap Pemkot Kupang segera memacu sejumlah dinas teknis untuk terus memaksimalkan sejumlah potensi yang ada agar semuanya bisa terpungut untuk kepentingan pendapatan daerah.
    Menurutnha, dengan pendapatan daerah yang terus bertambah, maka sejumlah rancangan kebijakan dan program pemerintah bisa terlaksana dengan lancar dan berimbas kepada peningkatan kesejahteraan seluruh warga masyarakat di daerah ini.
    “Salah satu langkah adalah dengan menambah pundi-pundi dalam APBD, sehingga bisa menjalankan seluruh kebijakan tersebut,” katanya.
    Menurut Daniel, DPRD setempat secara kelembagaan masih melihat belum optimal penggalian pendapatan daerah pada pajak penerangan jalan ini.
    Wali Kota Kupang Jonas Salean secara terpisah mengatakan, seluruh hitungan dan kajian DPRD itu merupakan kajian rasional. Namun demikian harus juga dihitung dengan sejumlah faktor lainnya.
    Menurut Jonas pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Kupang berbanding lurus dengan pemanfaatan aliran listrik, meski angka pertumbuhan tidak persis sama.
    Dia menyatakan, perkembangan teknologi elektronik yang berkembang sangat pesat, telah juga menghasilkan banyak produk elektronik hemat energi, seperti lampu, AC, lemari pendingin dan lainnya.
    Sejumlah produk itu diklaim memanfaatkan daya listrik rendah, sehingga derajat pemanfaatan tenaga listrik juga rendah yang berakibat kepada besaran nilai pajaknya.
    “Apalagi jika ditambah dengan tunggakan, pemutusan dan sejenisnya yang tentunya berdampak kepada optimalisiasi pendapatan pajak tersebut,” katanya lagi.
    Namun dia menegaskan, Pemkot Kupang akan terus berupaya mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang ada untuk terus meningkatkan pendapatan dari sektor ini. “Itu sudah jadi tekad pemerintah,” kata Jonas pula.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com