• Disdik Papua Terjunkan Tim Awasi Proses MOS

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua akan menerjunkan tim pada lembaga-lembaga pendidikan di wilayah untuk mengawasi pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) selama penerimaan siswa baru Tahun Ajaran 2016.
    Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Protasius Lobya, di Jayapura, Kamis, mengatakan tim ini untuk mendukung aksi pelarangan perpeloncoan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi Siswa Baru.
    “Perpeloncoan tidak lagi diterapkan pada penerimaan siswa baru, namun lebih pada pengenalan lingkungan sekolah bagi murid baik yang bersifat akademik maupun nonakademik dan visi misi sekolah,” katanya.

        Protasius menjelaskan jadi pola perpeloncoan pada penerimaan siswa baru itu pola lama dan bukan zamannya lagi, tetapi lebih diutamakan pada pembinaan mental, pengenalan kampus atau sekolah dilakukan dengan pola yang lebih elegan.
    “Pengenalan lingkungan sekolah lebih bagus daripada melakukan perpeloncoan seperti ikat rambut, membawa tas dan sapu sebab hal tersebut tidak berdampak pada perubahan pola perilaku siswa,” ujarnya.
    Dia menuturkan jadi jika masih ada sekolah atau kampus melakukan perpeloncoan silakan melapor kepada Dinas Pendidikan setempat di wilayahnya.
    “Sebab perpeloncoan dapat menyebabkan kematian siswa, tekanan fisik dan mental, hal tersebut tidak boleh terjadi di Papua, jika ada maka akan menjadi masalah,” katanya.
    Dia menambahkan untuk itu sekolah harus merencanakan apa yang akan dibuat dalam menyambut siswa baru di mana memberikan dampak bagi siswa baru.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com