• DIRUT RPH: Sulit Harga Daging Bisa RP80.000/KG

    0

    Malang, jurnalsumatra.com- Direktur Utama Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang, Jawa Timur, Joko Sudadi menyatakan sulit sekali untuk mewujudkan harga daging sapi Rp80.000 per kilogram seperti keinginan pemerintah pusat, apalagi pada hari-hari menjelang Lebaran.
    “Kalau ada keinginan menurunkan harga daging sapi hingga Rp80 ribu per kilogram, seharusnya dilakukan beberapa bulan sebelum Lebaran. Artinya, pemerintah pusat mengimpor sapi anakan yang diproyeksikan bisa dipotong pada saat musim Lebaran, sehingga harganya tidak sampai semahal sekarang,” kata Joko Sudadi di Malang, Jawa Timur, Jumat.
    Saat ini, lanjutnya, pemerintah justru memperbanyak daging impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Padahal, kalau impor daging justru mematikan usaha dan pekerjaan para jagal akibat daya beli masyarakat menurun karena harga daging lokal cukup mahal. Sementara di pasaran digelontor daging sapi impor yang harganya lebih murah.
    Keberadaan daging sapi impor, lanjutnya, mematikan usaha dari hilir hingga hulu masyarakat kecil, mulai dari peternak sapi potong hingga jagal di RPH dan pedagang di pasar. Sementara daging sapi impor tidak didistribusikan secara luas, hanya pasar-pasar tertentu dan pasar modern yang menjual daging impor tersebut.
    Ia mengemukakan, dalam beberapa bulan terakhir ini sapi yang dipotong di RPH Kota Malang mengalami penurunan karena daya beli masyarakat juga menurun. Jika sebelumnya bisa memotong lebih dari 50 ekor sapi per hari, sekarang rata-rata antara 35 ekor hingga 40 ekor.
    Sedangkan pada saat musim Lebaran, pada tahun-tahun sebelumnya kebutuhan masyarakat bisa mencapai 100 higga 200 ekor per hari, tahun ini ada penurunan cukup signifikan. Pada H-5 Lebaran tahun ini, sapi yang dipotong kurang dari 100 ekor per hari.
    “Untuk beberapa hari ke depan hingga Lebaran, kami masih belum tahu berapa ekor sapi yang dipotong untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Harga daging sapi dari RPH sebesar Rp105 ribu hingga Rp108 ribu, namun kalau sudah ditangan pedagang harganya bisa saja sampai Rp115 ribu per kilogram,” katanya.
    Sementara itu harga daging sapi impor beku paket rata-rata mencapai Rp86 ribu hingga Rp91 ribu per kilogram. Dan, penjualan daging impor rata-rata hanya dijual pasar modern, seperti Hypermart dan Giant.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com