• Dinlopas Siapkan Inovasi Pembayaran Retribusi Pedagang Pasar

    0

        Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam layanan pembayaran retribusi pedagang pasar agar lebih sederhana dan semakin memudahkan pedagang memenuhi kewajibannya.
    “Inovasi terus dilakukan. Yang penting, inovasi tersebut semakin memudahkan pedagang membayarkan retribusi, sekaligus meningkatkan kesadaran pedagang untuk membayar retribusi,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Jumat.
    Inovasi awal yang dilakukan Dinlopas Kota Yogyakarta dalam pembayaran retribusi adalah membuat kebijakan pembayaran retribusi satu bulan sekali, tidak lagi dibayarkan harian seperti semula.
    Menurut dia, pembayaran retribusi satu bulan sekali justru semakin memudahkan pedagang dalam menghitung kebutuhan dana yang harus digunakan untuk membayar retribusi.

        “Pedagang justru merasa direpotkan jika harus membayar retribusi setiap hari. Tetapi dengan membayar satu bulan sekali, mereka merasa tidak terganggu dan lebih rajin memenuhi kewajibannya tersebut,” katanya. Kebijakan pembayaran retribusi satu bulan sekali sudah berjalan sejak Januari.
    Di masa yang akan datang, lanjut dia, pembayaran retribusi pasar tidak lagi dilakukan dengan uang tunai tetapi memanfaatkan kartu bukti pedagang yang sekaligus berfungsi layaknya kartu debet.
    “Kartu bukti pedagang (KBP) akan dibuat seperti kartu debet. Selain sebagai identitas, kartu yang wajib dimiliki tiap pedagang di pasar tradisional Kota Yogyakarta tersebut juga bisa digunakan sebagai kartu debet. Saat akan membayar retribusi, tinggal menggesek saja,” katanya.
    Guna mewujudkan rencana tersebut, Maryustion mengatakan akan bekerja sama degan Bagian Teknologi Informasi dan Telematika (TIT) Kota Yogyakarta untuk menyiapkan sistem dan aplikasi pembayarannya.
    “Kami siapkan aplikasinya dulu pada 2017. Dimungkinkan, pembayaran retribusi secara non tunai tersebut baru bisa dilakukan 2018,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com