• DINKES Merauke Prediksi 2016 “Booming” DBD

    0

    Merauke, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke Provinsi Papua memprediksi tahun 2016 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) akan meningkat dibandingkan tahun lalu.
    “Jadi DBD ini secara periodik setiap tiga tahun terjadi ‘booming’, dan tahun ini memang kasusnya cukup tinggi sesuai prediksi kami,” kata Kepala Dinas Kesehatan Merauke dr Stefanus Osok, di Merauke, Kamis.
    Hingga bulan Juni kemarin, kata dia, sebanyak 370-an kasus DBD telah ditangani dan tersebar di sejumlah pusat pelayanan kesehatan masyarakat setempat.
    “Dari jumlah itu, tiga orang meninggal dunia,” katanya lagi.
    Stefanus menjelaskan, penanganan dan pencegahan DBD di Merauke tidak berjalan optimal karena belum ada dukungan aktif dari masyarakat.
    “Kami mengawasi dari rumah ke rumah, tapi banyak masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan, seperti bak penampung air sehingga banyak jentik nyamuk,” ujarnya lagi.
    Ia menyebutkan, pada tahun 2013 sebanyak delapan orang di Merauke meninggal terserang DBD, karena saat itu hujan sering terjadi dan mengalami peningkatan kasus yang luar biasa.
    “DBD di Merauke dikendalikan oleh iklim. Kalau curah hujan tinggi, jumlah kasusnya juga banyak,” katanya pula.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com