• Dinas TPH Lahat Ulurkan Rodentisida Untuk Petani

    0

    RODENTISIDALahat, jurnalsumatra.com  – Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat dalam hal ini melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Lahat kembali memberikan penyuluhan dan pemberian bantuan rodentisida untuk pengendalian hama tikus di Desa Nantal Kecamatan Kota Lahat.

    Kepala Dinas TPH Kabupaten Lahat, Ir H Hapit Padli MM mengatakan, bantuan rodentisida tersebut diberikan kepada petani dalam mengendalikan hama tikus dimana, luas tanaman padi di Desa Nantal yang terserang seluas 39 Ha, dari luas lahan 104 Ha dengan umur tanaman 45-60 HST.

    “Dengan dibantunya rodentisida ini, kita harapkan produksi padi terus meningkat. Jadi selain kita bantu dengan rodentisida, kita juga memberikan penyuluhan kepada para petani cara memakainya,”ujarnya.

    Dijelaskannya, langkah yang tidak kalah pentingnya terkait pemberantasan tikus ini dengan menjaga kebersihan sanitasi di sekitar tanaman padi. Jangan sampai lahan padi terlalu banyak air karena hama tikus senang dengan lingkungan yang lembab dan berair.

    “Pembersihan pematang, tanggul dan saluran bisa mengurangi serangan hama tikus. Serangan hama tikus timbul karena serangan hama wereng dan penggerak batang atau sundep yang berkurang,”imbuhnya.

    Lebih jauh, dikatakan mantan kadishutbun ini,pemberantasan hama tikus terhadap tanaman padi harus dilakukan secara terpadu yaitu gropyokan, rodentisida serta emposan. Langkah ini bisa mengantisipasi serangan hama hewan mengerat terhadap tanaman padi. Kondisi lahan padi sudah dipanen sangat tepat dilakukan gropyokan tikus. Sebab, sarang tikus akan kelihatan di pematang–pematang sawah.

    “Cara rodentisida dilakukan saat tanaman padi pada masa vegetatif. Yaitu saat padi berumur 30 hari hingga 35 hari. Mudah-mudahan dengan diberikannya rodentisida ini petani bisa melakukannya, dan hasil padi petani bisa bertambah dan meningkat,”tutur lelaki yang akraf tersenyum ini.(Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com