• DAP: Potensi SDA Teluk Saereri Harus Dilindungi

    0

       Biak, jurnalsumatra.com – Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Yan Pieter Yerangga menyatakan kekayaan sumber daya alam di wilayah masyarakat adat Teluk Saereri yang banyak memberikan manfaat untuk kehidupan masyarakat  harus dilindungi serta memperhatikan kearifan lokal.
    “Potensi sumber daya alam Papua yang menjadi kekayaan alam jangan dirusak karena berbagai kepentingan ekonomi oleh pemilik modal tertentu,” ucap Yan di Biak, Selasa.
    Ia menyebut, potensi sumber daya alam di kepulauan Teluk Saereri sesuai hasil penelitian dilakukan perusahaan minyak Spanyol mengindetifikasi memiliki cadangan sumur minyak di sejumlah titik.
    Dia berharap, keaslian alam tanah Papua jangan sampai dirusak sehingga membuat kehidupan masyarakat adat menjadi terpinggirkan di tanah sendiri.
    “Masyarakat adat sebagai pemilik tanah hak ulayat harus mendapat perlindungan kearifan lokal dalam pemanfaatan aset sumber daya alam dilakukan pemilik modal yang menguasai lahan masyarakat adat setempat,” harap Ketua Dewan Adat Papua Yan Pieter Yerangga.

       Ia mengatakan, setiap kepemilikan sumber daya alam berupa tanah masyarakat adat yang dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan harus dibicarakan dengan baik kepada warga pemilik hak ulayat adat.
    Adanya kesepakatan dengan masyarakat adat diharapkan, lanjut Pieter, diharapkan dapat mencegah adanya perjanjian sepihak yang  berakibat menimbulkan kerugian di pihak pemilik tanah hak ulayat.
    Dewan adat Papua, lanjut Yan Pieter, meminta dilibatkan dalam pembahasan kerjasama dengan investor yang akan menggarap potensi sumber daya alam tanah Papua.
    Tujuan dilibatkan dewan adat, lanjut Pieter, diharapkan mencegah adanya perjanjian kerjasama yang tidak berpihak kepada masyarakat adat  sehingga memunculkan konflick dan tuntutan yang dapat merugikan masyarakat adat setempat sebagai pemegang  hak ulayat yang sah.
    Data potensi sumber daya alam yang menjadi incaran investor mancanegara di tanah Papua, diantaranya sektor kehutanan, pertambangan, perikanan dan kelautan, perkebunan, pertanian dan sektor penerbangan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com