• CALHAJ Padang Selesai Lengkapi Dokumen Haji

    0

    Padang, jurnalsumatra.com – Kementerian Agama Kota Padang (Kemenag), Sumatera Barat menyatakan bahwa calon jamaah haji (calhaj) asal daerah tersebut telah menyelesaikan kelengkapan dokumen keberangkatan haji tanpa ditemukan permasalahan.
    “Baik itu pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), pendaftaran ulang, dan proses migrasi telah selesai tinggal saja persiapan menjelang keberangkatan yang dijadwalkan awal Agustus mendatang,” kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Padang, di Padang, Jumat.
    Dia menyebutkan sebanyak 945 orang calhaj asal kota Padang dipastikan akan berangkat setelah menyelesaikan dokumen, kelengkapan paspor dan visa di bagian migrasi.
    Jumlah tersebut telah termasuk calon haji yang mendapat nomor porsi, calon haji lanjut usia dan cadangan.
    Dia menambahkan dalam pengumpulan dokumen tersebut sebagian besar melalui Kantor Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang diikuti oleh masing-masing calhaj.
    Dalam hal ini pihaknya bersama Kemenag pusat menunggu kelengkapan dokumen yang masuk termasuk kelengkapan dokumen keberangkatan dari kantor migrasi.
    “Hingga saat ini belum ada laporan permasalahan tentang kelengkapan dokumen tersebut,” katanya.
    Disamping itu sebelum proses kelengkapan dokumen tersebut, pihaknya telah mengantisipasi dengan memberikan kesempatan kepada calhaj untuk melaporkan semua permasalahan yang berkaitan dengan haji kepada Kemenag.
    Hasilnya memang ada beberapa kekeliruan dan masalah per orangan namun lebih banyak pada ketidaktahuan atau ketidaksamaan antara dokumen yang diajukan.
    “Setelah selesai dokumen keberangkatan ini, calhaj sedang melaksanakan pemeriksaan dan tes kesehatan,” ujarnya.
    Saat ini pemeriksaan kesehatan termasuk pemberian suntik vaksin Meningitis dan flu sedang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas Seberang Padang sejak Rabu (13/7) lalu dan akan berakhir seminggu kemudian (20/7).
    Kemudian setelah itu pada jadwal yang hampir bersamaan akan dilakukan manasik haji pemerintah (18/7) hingga delapan hari ke depan (25/7), yang diikuti oleh manasik tingkat kota selama dua hari.
    Sedangkan rombongan calhaj asal Padang akan masuk asrama pada 8 Agustus 2016 dan akan berangkat pada kloter pertama Padang pada 9 Agustus 2016 dengan tujuan Madinah, Arab Saudi.
    Sementara itu salah satu warga yang telah melaksanakan ibadah haji tahun sebelumnya Hasan Ibrahim berharap agar penyelesaian dokumen haji tahun ini dapat dibarengi dengan jaminan dari pemerintah tentang keamanan selama di Tanah Suci.
    Sebab menurutnya adanya ancaman tindak terorisme beberapa waktu lalu sedikit banyaknya akan mengkhawatirkan calhaj.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com