• BPBD: Jalur Arak-Arak Bondowoso Rawan Longsor

    0

    Bondowoso, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Bondowoso, Jawa Timur, mengimbau para pemudik yang melintas di jalur Arak-Arak sepanjang 16 kilometer agar waspada karena rawan longsor.
    “BPBD Bondowoso sampai saat ini statusnya masih siaga banjir dan longsor. Oleh karena itu tim reaksi cepat masih stanby 24 jam, apalagi selama arus mudik Lebaran seluruh anggota kami selalu siaga untuk mengantisipasi jika terjadi banjir maupun longsor di jalur Arak-arak Kawasan Lereng Gunung Argopuro, Kecamatan Wringin,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Kukuh Triatmoko di Bondowoso, Sabtu.
    Ia mengemukakan di jalur Arak-arak tersebut rawan terjadinya longsor dan pohon tumbang, tepatnya dari kilometer 9 hingga kilometer 25 arah Surbaya dari Kota Bondowoso.
    Jalur tengah dari Bondowoso ke Surabaya melalui wilayah barat Kabupaten Situbondo itu, kata dia, selama ini kerap terjadi longsor ketika hujan mengguyur daerah itu. Dan hingga arus mudik Lebaran 2016 di jalur tersebut masih sering terjadi hujan pada siang dan sore hari.
    “Kami mengimbau kepada para pemudik untuk tetap waspada saat melintas di jalur Arak-Arak. Selain rawan terjadi longsor, di sana juga rawan terjadi pohon tumbang di sejumlah titik sepanjang jalur tersebut,” katanya.
    Menurut Kukuh, selama arus mudik Lebaran seluruh jajarannya disiagakan di sejumlah titik rawan longsor dan titik rawan pohon tumbang di Kecamatan Wringin, dan petugas BPBD Bondowoso juga akan terus siaga selama 24 jam.
    “Kami mengimbau juga kepada pengguna jalan yang melintas di Kawasan Gunung Argopuro hati-hati karena masih ada perbaikan jalan sampai saat ini. Namun petugas juga sudah memasang rambu-rambu 50 meter dari lokasi perbaikan jalan,” tuturnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com