• BNNP Minta Partisipasi Keluarga Untuk Cegah Narkoba

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Badan Nasional Narkoba Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut), meminta para keluarga  melapor ke BNNP jika melihat ada anggota keluarganya memakai narkoba.
    Kepala BNNP Malut, Kombes Pol Bambang Setiawan di Ternate, Sabtu, mengatakan, telah dilakukan penerapan pasal ancaman hukuman  sesuai Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang pemberantasan Narkotika, bagi orang tua yang tidak melapor jika mengetahui anaknya menggunakan narkoba.
    “Jadi, kalau orang tua yang mengetahui anaknya sebagai pecandu dan tidak melapor, di pidana dengan kurungan, 6 Bulan dan denda Rp 1 juta, dikenai dengan pasal 128 itu yang paling rendahnya. Tetapi kalau orang tau mengetahui kalau si anak ini memiliki Narkoba, pasalnya kena pasal 130, ancaman hukuman padanya bisa 4 tahun sampai 12 tahun penjara,” katanya.
    Selain itu, kalau kedapatan orang tua anak yang tau bahwa ada bukti kemudian diam, dikenakan pasal 130, dan jika mengetahui itu diedarkan maka dikenakan dengan pasal 112.
    Bambang menyatakan, bukan berlaku untuk orang tua, tetapi setiap orang, karena barang siapa yang tahu disitu ada peredaran narkoba dia tida melaporkan kepada aparat penegak hukum, apakah itu Polri/TNI maupun BNN dia bisa dikenakan pasal 131.
    Dia menegaskan, penerapan pasal untuk orang tua anak itu sudah melalui koordinasi antara pihak kepolisian dan Kejaksaan setempat.
    “Penerapan pasal untuk orang tua ini, kita sudah koordinasi dengan pihak Polri, nanti di tindakan lanjuti karena sampai saat ini belum ditemukan, kalau kita temukan, nanti ditidaklanjuti melalui hasil koordinasi itu,” kata Bambang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com