• BMKG: Waspadai Tinggi Gelombang Selat Karimata

    0

         Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung mengimbau nelayan dan jasa angkutan laut agar mewaspadai tinggi gelombang di Selat Karimata bagian selatan pada Jumat (29/7).
    “Pantauan cuaca tinggi gelombang di Selat Karimata mencapai 3,5 meter dengan kecepatan angin 15-42 kilometer per jam,” kata staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, Kamis.
    Selain itu tinggi gelombang yang sama juga berpotensi terjadi di perairan Babel bagian selatan dan timur dengan kecepatan angin rata-rata 10-36 kilometer per jam.
    Ia mengimbau agar nelayan jangan sampai ada yang berlayar disekitar perairan itu karena sangat membahayakan keselamatan jiwa dan bisa berakibat fatal.

         “Diimbau nelayan tetap waspada karena ketinggian gelombang dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa lebih tinggi dari yang diperkirakan,” ujarnya.
    Sementara itu  pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,85 meter, di Membalong Belitung 2,12 meter dan Toboali Bangka Selatan 1,92 meter
    Kemudian Muntok Bangka Barat 1,04 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,90 meter, Tanjungpandan Belitung 1,25 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,10 meter.
    Ia mengatakan, hanya satu daratan Jebus yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang, sementara itu yang lainnya berpotensi hujan ringan.
    Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-20 kilometer per jam dari Timur ke Selatan, suhu udara 23-32 derajat celcius dan kelembaban udara 68-99 persen.
    “Waspadai kondisi cuaca yang cepat berubah terutama dalam skala lokal,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com