• Bantul Perintahkan Puskeswan Proaktif Periksa Kesehatan Hewan

    0

    Bantul, jurnalsumatra.com- Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memerintahkan seluruh unit pelaksana teknis pusat kesehatan hewan di daerah itu proaktif dalam melayani pemeriksaan kesehatan hewan.
    “Kebetulan kami baru selesai rapat dengan teman-teman UPT Puskeswan, mereka kita minta tidak menunggu tapi proaktif mendatangi peternak-peternak siapa tahu ada hewan sakit,” kata plt Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Selasa.
    Menurut dia, peningkatan pelayanan UPT Puskeswan ini dalam rangka persiapan menghadapi Idul Adha 1437 Hijriah yang jatuh pada pertengahan September 2016, sebab saat itu ada penyembelihan hewan kurban.
    Ia mengatakan, setidaknya ada 10 Puskeswan se-Bantul yang masing-masing mengampu wilayah hingga dua kecamatan, sebab di Bantul terdapat 17 kecamatan dengan potensi pertumbuhan hewan ternak yang berbeda-beda.
    “Jadi, mulai hari ini (Selasa 19/7) kita gerakkan untuk proaktif dan seluruh UPT Puskeswan sudah oke aktif sejak sekarang, sehingga pas pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Idul Adha nanti tidak ada masalah yang berkaitan dengan kesehatan hewan,” katanya.
    Pulung juga mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan hewan yang lebih proaktif mendatangi peternak dibanding menunggu kedatangan masyarakat itu juga bertujuan mendeteksi penyakit hewan sejak dini agar bisa ditangani sejak jauh-jauh hari.
    “Seluruh petugas dan dokter hewan puskeswan di seluruh Bantul sudah kita kumpulkan untuk antisipasi itu, kami minta ancang-ancang dari sekarang dan tidak mendadak mendekati Idul Adha, jangan nunggu di lokasi puskeswan,” katanya.
    Ia juga mengatakan, peningkatan pelayanan terhadap peternak ini juga diefektifkan hingga mendekati pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, mengingat akan banyak bermunculan pedagang hewan kurban di seluruh Bantul.
    “Tentunya pemeriksaan kesehatan hewan secara umum, dan nanti mendekati Idul Adha saya lanjutkan operasi dengan menyasar ke penjual sapi tiban,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com