• Astra Motor Bersama SMK Negeri 2 Palembang Safety Riding

    0

    SMK Negeri 2 Palembang Tingkatkan Kesadaran Safety Riding (1)Palembang, jurnalsumatra.com – Astra Motor ajak SMK Negeri 2 Palembang Siswa kelas X- XII untuk meningkatkan kesadaran berkendara dengan baik dan benar dengan mengadakan Safety Riding Educatian dan Training Skill sebagai salah satu sekolah Binaan Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda.

    Acara berlangsung diruang Praktek TSM SMK Negeri 2 Palembang, diikuti sebanyak 240 orang siswa dan guru pengajar, kegiatan tersebut dibuka oleh Kabag Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 2 Palembang Bapak Isrofil dan dilanjutkan dengan penyampaian materi kurikulum oleh ketua kurikulum SMK Negeri 2 Palembang Bapak Heru.

    Kemudian selanjutnya, penyampaian materi Safety Riding dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya keselamatan berkendara, materi-materi tersebut disampaikan seperti Filosofi Dasar Honda, faktor penyebab terjadinya kecelakaan.

    Dikatakan Muhamad Isnaini selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Sumatera Selatan dalam penjelasannya, mengatakan adapun 3 faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di sebabkan diantaranya oleh Manusia, maka pengetahuan dan skill berkendaraan selalu menjadi perhatian, agar selamat dijalan dan tidak ketinggalan faktor kendaraan dan lingkungan prediksi bahaya saat berkedara, pola-pola bahaya, perlengkapan dan posisi berkendara dll.

    Setelah diadakan teori Safety Riding di ruangan kemudian dilanjutkan dengan Safety Riding Skill dihalaman SMK Negeri 2 Palembang  disesi demo ini, siswa diperagakan safety riding skill, disini peserta diajarkan cara melewati halangan berupa cones-cones, jalan bergelombang dan keseimbangan, dengan tidak lupa memakai perlengkapan berkendara seperti Helm, Sarung Tangan dan Jaket, bagi peserta yang mencoba sepeda motor Honda dan melewati rute yang telah ditentukan di berikan Helm SNI dan  soufenir menarik lainnya dari Honda.

    Kepada jurnalsumatra.com disampaikan Muhamad Isnain “Setelah mendapatkan penjelasan dan materi-materi diruang sekolah, pada kesempatan ini juga para siswa di perkenalkan dengan Honda Riding Trainer (HRT) yaitu  alat Simulasi untuk berkendara, adapun  Fungsi Honda Riding Trainer, yaitu saat menggunakan HRT siswa  ditunjukkan contoh /potensi bahaya yang mungkin terjadi pada saat kita berkendara, dan kecelakaan tersebut akan terjadi apabila kita tidak berhati-hati dan waspada. Sehingga apabila siswa mengetahui hal tersebut peserta akan lebih lebih berhati-hati dan waspada dalam berkendara dan diharapkan akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.” jelasnya.

    Lebih lanjut dikatakannya ini merupakan bagian dari kegiatan Safety Riding for Student dan Honda akan terus menjadi pelopor keselamatan berkendara.

    Hal ini pun disambut positif oleh berbagai pihak, khususnya pihak SMK Negeri 2 Palembang yang disampaikan Eko sebagai salah satu peserta yang mengatakan “Saya merasa senang sekali mengikuti kegiatan ini karena banyak ilmu yang selama ini belum kami sadari, dengan kegiatan ini kami mendapat pelajaran untuk dapat berkendara dengan baik.” Jelasnya.

    “Kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan salah satu agenda Astra Motor Sumsel dan akan terus mengelar kegiatan Safety Riding Goes to School yang berisikan perlombaan antar sekolah  secara roadshow” pungkas Muhamad Isnaini. (edchan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com