• Antisipasi Tetelo dan Flu Burung, Kandang Unggas Disemprot

    0
    Kepala Dinas Peternakan Lahat, Ir Agustiar Budiman MM, Beserta Pegawai Menyemprotkan Kandang Unggas.

    Antisipasi Tetelo dan Flu Burung, Kandang Unggas Disemprot

    Lahat, jurnalsumatra.com – Kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat melalui Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakkan) dalam memberantas penyebaran dan mengantisipasi serangan penyakit tetelo dan flu burung terus dilaksanakan secara rutin kepada peternak unggas.

    Seperti yang ditegaskan, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kadisnakkan, Ir Agustia Budiman MM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan), Ir Juni Hermiati membenarkan, bahwasanya pihaknya melakukan penyemprotan kandang ayam dan unggas milik masyarakat maupun peternak dengan menggunakan desinfectan.

    “Untuk mengantisipasi penyakit tetelo dan flu burung, hal ini disebabkan sudah masuk musim panas, sehingga sangat rentan bagi peternak ayam terserang penyakit mematikan tersebut,” terangnya, saat ditemui wartawan disela-sela penyemprotan.

    Menurut, pria yang pernah menjabat kepala dinas TPH Lahat ini menjelaskan, peternak ayam juga harus menjaga kebersihan kandang ayam, dengan membuang sisa-sisa kotoran untuk mengatasi hal-hal tidak diinginkan, terlebih lagi penyebaran ke ternak lainnya, agar tidak menyebabkan kematian massal.

    “Intinya, bagi pemilik ternak harus diutamakan kebersihan kandang-kandang unggas. Kenapa, karena hal ini dapat meminimalisir terjadinya kematian massal, jangan sampai sudah kejadian baru melapor,” pesannya.

    Agustia mengungkapkan, pihaknya juga menyediakan desinfectan bagi peternak maupun masyarakat yang memiliki kandang ayam ataupun unggas bagi memerlukan.

    “Tidak itu saja, kita juga sudah siapkan desinfectan bagi mereka yang membutuhkan guna membasmi penyakit-penyakit mematikan bagi ayam maupun unggas tersebut,” tuturnya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com