• 300 Kubik Sampah Tidak Terangkut Setiap Hari

    0

    Palu, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu Sulawesi Tengah, Andi Sumardi mengatakan setiap hari ada 300 meterkubik sampah di kota tersebut yang tidak terangkut ke tempat pembuangan sampah akhir karena berbagai keterbatasan.
    Saat dihubungi di Palu, Kamis, Sumardi menyebutkan volume sampah setiap hari di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah yang berpenduduk hampir 400 ribu jiw aini mencapai 987 m3.
    Namun, aku dia, yang dapat diangkut oleh Dinas Kebersihan ke tempat pembuangan sampah hanya sekitar 600 kubik setiap hari dengan menggunakan kurang lebih 40 armada pengangkut sampah.
    Hal itu dikarenakan minimnya ketersediaan armada pengangkut sampah di daerah tersebut, olehnya pihaknya membutuhkan penambahan 15 armada untuk memaksimalkan pengangkutan sampah.
    “Kita butuh kurang lebih 15 mobil pengangkutan sampah agar pengakutan sampah di Kota Palu dapat ditangani secara efektif dan tidak ada yang tersisah setiap hari,” katanya.
    Pihaknya mengusulkan penambahan 15 armada pengangkut sampah untuk diadakan pada tahun 2017 mendatang, demi peningkatan kebersihan Kota Palu serta berupaya meraih Piala Adipura.
    Selain itu, sebut dia, pihaknya juga akan mengusulkan agar seluruh RW di setiap kelurahan harus memiliki penampungan sampah untuk menyediakan tempat pembuangan sampah masyarakat.
    “Kami usulkan penampungan sampah di setiap RW menggunakan container, agar mudah dan dapat dipindahkan. Namun, kami masih membutuhkan berapa jumlah RW serta jumlah penduduk dan volume sampah di masing – masing RW di Kota Palu,” urainya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com