• Warga Jadikan Megalit Jadi Tempat Wisata

    0

    Fosse Bersama Kepala Arkeologi Provinsi Sumsel.Lahat, jurnalsumatra.com – Banyaknya peninggalan batu Megalit yang ada dikabupaten Lahat harus dapat menjadi aset wisata alam bagi masyarakat. Pemkab Lahat optimis jika generasi mudah mengenal megalit lebih dini maka aset. peninggalan masa prasejarah tersebut akan menjadi lokasi wisata yang menarik.

    Demikian ditegaskan, Bupati Lahat H Aswari Rifa’i,SE saat membuka pameran Megalit Pasemah Tradisi selaras alam kemarin, dimana bath megalit peninggalan zaman prasejarah sudah pernah meraih rekor MURI, karenanya hal inu harus menjadi salah satu faktor pendukung agar masyarakat dari luar daerah tertarik untuk berwisata keBumi Seganti Setungguan.

    “Dinas pendidikan yang harus berperan penting mengenalkan aset megalit kepelajar dan bila perlu diagendakan seminggu atau sebulan sekali untuk datang kemeninjau Megalit yang ada,”ujarnya diGor bukit Tunjuk, belum lama ini.

    Selain itu, peran serta dari masyarakat khususnya yang berada disekitar batu Megalit untuk merawat dan menjaga harus ada karena, Pemkab Lahat tidak mungkin dapat mengawasi satu persatu tanpa adanya dukungam dari warga.

    Pameran seperti ini sangat penting dilakukan agar masyarakat tidak melupakan megalut ditengah kemajuan zaman dan peran kita untuk menyampaikan kepada gemerasi penerus harus dilakukan.

    “Jumlahnya terdiri dari 1001 megalit dan berada didaerah yang terpisah-pisah dan inu merupakan salah satu anugrah yang besar bagi kabupaten Lahat,”imbuhnya.

    Kepala Arkeologi Provinsi Sumsel Budi Wiyana menuturkan, sangat apresiasi atas apa yang dilakukan Pemkab Lahat untuk menjaga dan melestarikan batu Megalit, saat ini benda peninggalan prasejarah yang ada dikabupaten Lahat sudah menjadi perbincangan hangat hingga keluar daerah bahkan luar negeri. Pameran inu dilakukan dengan harapan cita-cita untuk menjadikan megalit sebagai salah satu aset wisata bisa terwujud.

    “Batu megalit yang ada dikelola oleh badan Arkeologi Jambi. Lahat pernah meraih rekor MURI sehingga harus dijaga kelestariannya hingga anak cucu,”pungkasnya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com