• UP2KP Dorong PMI Tingkatkan Donor Darah

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) mendorong Palang Merah Indonesia (PMI) meningkatkan kegiatan donor darah melalui jalinan kerja sama dengan berbagai pihak
    “Kami mengimbau atau meminta kepada PMI agar mungkin lebih giat  meningkatkan kegiatan pendonoran darah dengan membangun jalinan hubungan kerja sama dengan berbagai pihak dan juga mahasiswa untuk donor darah,” kata Direktur I UP2KP Agustinus Raprap di Jayapura, Sabtu.
    Dia mengatakan perlunya diperkuat hubungan dengan kesatauan-kesatuan, terutama dengan TNI, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, agar personel mereka donor darah.
    Selain itu, katanya, hubungan baik yang sama juga bisa dibangun dengan anak-anak Pramuka untuk donor darah
    “Karena anak-anak Pramuka khususnya anak SMA, mereka ini kan generasi yang sehat-sehat dan bisa  mendonorkan darahnya,” ujarnya.

        Selain Pramuka, kerja sama juga dapat dibangun dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di semua perguruan tinggi di Jayapura secara khusus dan Papua secara umum, agar dapat mengkoordasi rekan-rekannya untuk menyumbang darah bagi pasien yang membutuhkan  darah
    “Jika sudah ada hubungan kerja sama, UP2KP berharap agar dapat ditingkatkan,” ujarnya.
    Dia mengatakan di Jayapura saja sudah krisis darah, apalagi di kabupaten yang ada rumah sakit dan ada transfusi darah.
    “Untuk itu kami mengimbau kepada badan pengurus PMI Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, yang dekat dengan RSUD Jayapura yang merupakan rumah sakit rujukan nasional, harus meningkatkan pendonoran darah,” ujarnya.
    Pengurus PMI Provinsi Papua juga diharapkan membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat membantu meningkatkan donor darah.
    Hingga kini, pihaknya optimistis bahwa PMI sudah melakukan kegiatan donor darah, namun diharapkan ke depannya dapat ditingkatkan.
    “Mungkin juga ada kiat-kiat baru yang digali lagi agar ada kesediaan dari masyarakat,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com