• Sumatera Selatan Siapkan Paket Wisata Olahraga

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Sumatera Selatan menyiapkan paket wisata olahraga di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang untuk merespon tingginya minat wisatawan berkunjung ke kawasan tersebut sejak terpilih menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.
    Kepala Bidang Industri Olahraga dan Pengembangan Usaha KONI Sumsel Nirmala Dewi di Palembang, Senin, mengatakan, ide kreatif ini segera direalisasikan dengan menggaet kalangan swasta.
    “Paket wisata olahraga ini yakni memberikan sensasi ke wisatawan menjadi seorang atlet, semisal dengan uang Rp300.000 dapat merasakan tantangan menjadi atlet menembak, panjat tebing dan lainnya,” kata dia.
    Ia mengemukakan terobosan ini dimunculkan karena Sumsel saat ini fokus dengan pengembangan ‘sport tourism’ sejak menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional dan internasional, di antaranya SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, dan ASEAN University Games 2014.
    “Harapannya dengan ide kreatif ini maka akan semakin mendongkrak kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata dia.
    Kompleks Olahraga Jakabaring mulai ada sejak Sumsel menjadi tuan rumah PON ke-15 tahun 2014.
    Kemudian kompleks seluas 325 hektare ini mengalami perubahan total pada 2011 dengan dibangunnya sejumlah arena olahraga baru berstandar internasional, di antaranya Stadion Akuatik, Stadion Lapangan Tembak, Stadion Lapangan Tenis, dan Stadion Atletik.
    Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga Prof Djoko Pekik mengatakan industri olahraga Indonesia saat ini tumbuh dalam balutan lain, bukan hanya urusan penyelenggaran pertandingan tapi sudah menyerempet ke gaya hidup dan wisata.
    Untuk itu, industri olahraga perlu berkolaborasi dengan sektor pariwisata untuk tumbuh karena belum mampu berdiri sendiri.
    “Industri olahraga di Indonesia belum ada pijakan jadi mesti berkolaborasi dengan bidang lain, dan salah satu yang paling memungkinkan yakni pariwisata dalam bungkus ‘sports tourism’ seperti tour de singkarak, lari maratan yang saat ini sedang tren,” kata dia Djoko.
    Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi konsistensi Sumatera Selatan yang mengembangkan sport tourism untuk mendongkrak angka kedatangan wisatawan.
    Selain akan mengembangkan wisata olahraga, Kota Palembang juga memiliki potensi wisata lain, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah/heritage.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com