• SMA-SMK Jumlah Satu Kelas 32 Siswa SMP 36 Siswa

    0
    SMA-SMK Jumlah Satu Kelas  32 Siswa SMP 36 Siswa

    SMA-SMK Jumlah Satu Kelas 32 Siswa SMP 36 Siswa

    BANYUASIN, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin menegaskan pihak sekolah untuk menerima siswa baru pada tahun ajaran ini, hanya boleh menerima 32 siswa SMA-SMK dalam satu  kelas.  Serta 36 untuk siswa SMP.

    “Untuk itu pihak  harus memperhatikan daya tampung,kapasitas dan fasilitas yang dimiliki sekolah,” Kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin, Drs H Umar Usman, Msi melalui Sekdin Nopran SPd Msi,Senin (20/6) 2016.

    Dia juga menyebutkan,  mulai Senin (20/6)  sampai Selasa  pihak sekolah tengah melakukan tes penerimaan siswa baru. “Waktu tesnya sudah kita tentukan dan tidak boleh diluar jadwal tersebut. Sedangkan untuk materi tes,baik tertulis dan wawancara itu kita serahkan dengan pihak sekolah,”kata Nopran didampingi staf Dikmen Muhtar.

    Dalam penerimaan siswa baru, tambah  Nopran ada ketentuan yang harus diikuti pihak sekolah yakni terkait kapasitas ruangan, dimana setiap ruang hanya boleh diisi 32 orang siswa untuk tingkat SMA dan SMK, serta 36 siswa untuk satu ruang kelas bagi SMP. “Jadi setiap ruangan tidak boleh melebihi ketentuan ini, karena jumlah tersebut sudah sesuai dengan standar pelayanan minimum,”katanya.

    Disinggung, jika pihak sekolah masih menerima siswa melebihi ketentuan tersebut,maka Pihak Dinas akan melakukan peninjauan ulang bahkan bisa membatalkan penerimaan siswa tersebut. ” kita bisa batalkan kalau melebihi ketentuan,karena nanti pihak sekolah SMP,SMA dan SMK setelah melakukan tes, lalu disusun secara peringkat dan nanti  minta pengesahan ke Dinas. Setelah itu Pihak sekolah baru umumkan dan siswa baru yang lolos tes daftar ulang. Dari proses ini bisa kita lihat apakah melebihi kapasitas atau tidak,”katanya.

    Kata Nopran bahwa pembatasan penerimaan siswa baru ini tentu tidak lepas dari keinginan pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah swasta. “Jadi sekolah swasta harus diberi kesempatan, maka sekolah negeri harus menerima siswa baru sesuai daya tampung sekolah,”kata Nopran.(Lubis)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com