• Siswa Luar DIY Bisa Gunakan Keterangan Pengganti

    0

    Yogyakarta, jurnalsuamtra.com – Calon siswa baru dari luar DIY yang ingin mendaftar di SMA/SMK negeri Kota Yogyakarta bisa menggunakan surat keterangan pengganti sementara jika sertifikat hasil ujian nasional dan ijazah belum terbit.
    “Sudah kami cek ke beberapa daerah di luar DIY dan banyak daerah yang belum bisa menerbitkan sertifikat hasil ujian nasional (SHUN) dan ijazah. Padahal, syarat untuk pendaftaran adalah melampirkan SHUN asli,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Selasa.
    Oleh karena

    itu, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta mengeluarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Nomor 188/817 yang memberikan kemudahan bagi siswa dari luar DIY untuk menyerahkan surat keterangan pengganti sementara SHUN apabila sertifikat tersebut belum diterbitkan hingga pelaksanaan verifikasi pendaftaran.
    Surat Keterangan Pengganti Sementara SHUN tersebut diterbitkan sekolah dan diketahui Dinas Pendidikan kota/kabupaten setempat atau diterbitkan oleh Dinas Pendidikan setempat.
    Selain itu, calon siswa baru dari luar DIY juga diminta menyerahkan surat keterangan lulus yang dicap sekolah. “Semuanya harus lembar asli,” katanya.
    Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, lanjut Edy, akan memantau secara ketat perkembangan kota atau kabupaten lain di luar DIY terkait penerbitan SHUN dan ijazah.
    Edy menyebut, pemantauan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya tindakan tidak terpuji yang dilakukan calon siswa baru sehingga memanfaatkan kemudahan untuk bisa mendaftar di daerah asal dan di Kota Yogyakarta.
    “Kebijakan tersebut hanya diperuntukkan bagi calon siswa baru dari daerah yang belum menerbitkan SHUN dan ijazah. Jangan kemudian disalahgunakan,” katanya.
    Sementara itu, untuk siswa lulusan SMP/MTs tahun ajaran 2014/2015 yang akan melanjutkan ke jenjang SMA/SMK wajib menyerahkan SHUN asli dan salinan ijazah yang telah dilegalisasi dengan menunjukkan aslinya.
    Proses verifikasi pendaftaran peserta didik baru jenjang SMA/SMK di Kota Yogyakarta dilakukan mulai Rabu (22/6) hingga Jumat (24/6) di salah satu sekolah pilihan. Sebelumnya, calon siswa baru harus melakukan pengajuan pendaftaran secara online melalui laman yogya.siap-ppdb.com.
    Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memberikan kuota 30 persen dari total kapasitas SMA untuk siswa luar kota yaitu 816 siswa dari total 2.720 kursi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com