• Sembilan Meter Daratan Ujung Air Dirusak Abrasi

    0

    Painan, Sumbar, jurnalsumatra. com- Sembilan meter daratan di Kampung Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), rusak akibat abrasi dalam dua pekan terakhir.
    “Kalau pemerintah tidak mengambil langkah cepat kami perkirakan lima bulan kedepan rumah warga dan jalan lintas Sumatera (jalinsum) Padang – Bengkulu yang hanya berjarak lebih kurang 150 meter juga akan rusak,” kata nelayan setempat, Peren (42) di Painan, Sabtu.
    Ia menerangkan sebelum daratan sembilan meter itu rusak, abrasi juga telah merusak daratan sepanjang 20 meter.
    “Saat ini hanya ada lebih kurang 10 meter tebing yang bisa menahan ombak kalau tebing itu rusak dengan cepat abrasi akan merusak pemukiman dan jalinsum,” ujarnya.
    Tati (39) warga lainnya mengungkap kecemasan terkait abrasi karena pemukimannya berada dekat dengan bibir pantai.
    “Kalau tidak segera ditangani otomatis rumah kami akan rusak, kami akan tinggal dimana karena hanya disini rumah satu-satunya yang kami miliki,” ungkapnya.
    Ia pun berharap pemerintah segera mengambil langkah cepat guna meminimalkan dampak abrasi.
    Sementara itu, Sekretaris Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Kabupaten Pesisir Selatan, Zul Asril mengatakan pihaknya telah mengusulkan reklamasi dalam upaya menahan abrasi di Kampung Ujung Air pada pemerintah pusat.
    “Pengusulannya telah kami lakukan sejak tiga tahun terakhir, namun usulan itu hingga kini masih belum direalisasikan pemerintah pusat, kedepan akan kami usulkan kembali,” terangnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com