• Revisi UU Pilkada Perkuat Wewenang Bawaslu

    0

    Palembang, Jurnalsumatra.com- Revisi Undang-Undang Pilkada memberi angin segar bagi Bawaslu. Lembaga pengawas pemilu tersebut kini bertambah wewenang salah satu kewenangan yang diberikan adalah Bawaslu dapat mendiskualifikasi peserta Pilkada yang terbukti melakukan politik uang.

    “Beberapa poin revisi mengakomodasi advokasi Bawaslu terhadap penguatan kewenangan Bawaslu,” kata pimpinan Bawaslu Sumsel, Zulfikar SH MH kepada Jurnalsumatra.com, Jumat (10/6)

    Zulfikar menerangkan, salah satu poin penting dari Revisi UU Pilkada yakni Bawaslu provinsi berwenang memeriksa dan memutus pidana menjanjikan dan memberikan uang. “Sanksinya bisa didiskualifikasi, untuk tahapan hukum bisa banding ke Bawaslu RI dan selanjutnya ke Mahkamah Agung,” ungkapnya.

    Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumsel ini mengaku belum mengetahui bagaimana teknis persidangan nanti. Sebab, dengan revisi UU Pilkada maka akan ada perubahan dalam Peraturan Bawaslu. “Teknisnya nanti diatur di Perbawaslu,” ungkapnya.

    Sebelumnya, Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah mengatakan Bawaslu juga akan segera menyesuaikan Revisi UU Pilkada dengan merevisi Peraturan Bawaslu sebagai pedoman teknis bagi Pengawas Pemilihan dalam melaksanakan tugasnya.

    Satgas anti politik uang pun akan dibentuk untuk mengakomodir masyarakat yang sudah gerah terhadap perilaku tersebut.

    “Kalau KPK bisa dikenal sebagai lembaga yang berhasil dalam pemberantasan korupsi, maka Bawaslu harus dikenal mampu memberantas politik uang. Masyarakat yang mendukung kami persilakan untuk bergabung dengan Bawaslu memberantas praktik politik uang,” pungkas Nasrullah.

    Selain terkait politik uang, usulan Bawaslu terkait Sentra Gakkumdu yang berada satu atap juga diamini oleh DPR. Nantinya, semua prosedur penanganan tindak pidana pemilu/pilkada akan dilaksanakan secara terintegrasi melalui satu atap. “Jadi tidak ada lagi, Bawaslu sudah mengklarifikasi dilakukan juga oleh kepolisian dan kejaksaan,” pungkasnya. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com