• RESES Sebuah Pertanggungjawaban Moral Dan Politis

    0

    Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Anggota DPRD Kalimantan Selatan H Murhan Effendie BA menyatakan, reses bagi wakil rakyat sebuah bentuk pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan masing-masing.
    Oleh karena

    itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut tetap melaksanakan reses yang dijadwalkan 8 – 11 Juni 2016, kendati ada kegiatan partai politik (parpol) yang bersangkutan,  ujarnya di Banjarmasin, Jumat.
    Sebab, lanjut mantan Ketua DPRD Kabupten Tabalong, Kalsel itu, tujuan reses menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat.
    “Pertanggungjawaban moral dan politis terhadap tindak lanjut aspirasi masyarakat tersebut pada masa reses,” tegasnya menjawab komunitas wartawan parlemen atau  Journalist Parliament Community (JPC) Kalsel.
    Pentingnya pelaksaan reses bagi pimpinan dan anggota DPRD, lanjut mantan Wakil Bupati Tabalong itu, guna meningkatkan kualitas, produktivitas dan kinerja sebagai wakil rakyat dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat.
    Selain itu, untuk mengembangkan peran dewan    dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala bertemu konstituen pada daerah pemilihan (dapil) masing-masing, serta “check and balances” antara DPRD dan pemerintah daerah (Pemda), jelasnya.
    Masa reses sebuah aktivitas DPRD di luar gedung untuk melakukan komunikasi dua arah antara anggota legislatif dengan konstituen/masyarakat melalui kunjungan kerja (kunker) secara berkala dan terjadwal.
    Namun komunikasi dua arah dengan konstituen/masyarakat asal dapil tersebut juga terus berlangsung pada setiap kesempatan, seperti saat lebaran atau kegiatan lain, demikian Murhan Effendie.
    Ketika Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif tahun 2014 di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu terbagi tujuh dapil, yaitu dapil Kalsel I/Kota Banjarmasin, II Kabupaten Banjar dan dapil III Kabupaten Barito Kuala (Batola).
    Kemudian dapil Kalsel IV terdiri Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta dapil V, dapil VI meliputi Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu, dapil VII Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com